post image
KOMENTAR

ELEMWE menggelar grand opening butik baru yang berlokasi di Jl. Paus No. 90, Rawamangun, Jakarta Timur pada 6 – 10 Januari 2020 pukul 10.00 – 14.00 WIB setiap harinya. Para pelanggan loyal ELEMWE diminta mendaftar lebih dulu untuk memastikan kuota pengunjung tetap mematuhi protokol kesehatan.

Gedung empat lantai dengan rooftop ini menjadi 'energi' baru yang menjadi pusat kreativitas ELEMWE untuk menghasilkan lebih banyak karya berkualitas dan berkontribusi positif bagi industri kreatif Tanah Air.

Memasuki butik, mata pengunjung langsung dimanjakan dengan berbagai koleksi ELEMWE. Busana yang terdiri dari outer, blus, maupun gaun tersedia lengkap dengan warna sogan yang khas juga warna-warna lain yang eye catching.

Tentu saja dengan beragam motif khas Betawi, salah satunya ondel-ondel yang menjadi favorit. Tidak ketinggalan fashion item lainnya mulai dari sepatu dan sandal, topi, kalung, aneka tas, hijab, hingga masker.

Dengan konsep kolaborasi positif untuk sejahtera bersama, ELEMWE membantu para pelaku UKM untuk menampilkan hasil karya mereka di butik ini, seperti tas unik yang terbuat dari kayu serut juga wadah pot beraneka warna yang terbuat dari kertas koran.

Kesan cozy dan homey begitu terasa dengan ruang duduk di tengah butik. Spot ini membuat para pengunjung dapat bersantai dan berbincang hangat dengan staf ELEMWE yang ramah dan siap menjawab berbagai pertanyaan seputar produk batik Betawi.

Di sisi spot ini terdapat dinding galeri yang memuat berbagai artikel dan penghargaan yang diberikan kepada ELEMWE juga Lily Mariasari selaku desainer dan pemilik brand ELEMWE. Ibu Lily sukses mengangkat batik Betawi, tak hanya dicintai para penikmat fesyen Indonesia tapi juga membawa batik Betawi ke empat benua dan diminati masyarakat dunia.

Menariknya, salah satu area di lantai atas butik digunakan sebagai studio yang disediakan untuk berkreasi bagi para UKM yang tidak memiliki fasilitas untuk melakukan pemotretan produk. Studio bernama "Di Studio Jakarta" ini juga dapat difungsikan sebagai meeting room, virtual office, maupun tempat workshop dan pelatihan.

Menyambut tahun 2021, ELEMWE menghadirkan batik Betawi bertema "Wang Sanayan" dengan motif yang diambil dari kekhasan daerah Jakarta Selatan seperti Semanggi dan Gelora Bung Karno di Senayan.

"Saat pandemi, Jakarta Selatan merupakan satu daerah yang masih bertahan dan tetap hidup. Kondisi itu yang menginspirasi membuat motif dari landmark yang ada di sekitar Jakarta Selatan," ujar Ibu Lily.

Tak hanya konsisten dalam mengangkat batik Betawi, ELEMWE kini makin aktif untuk berbagi ilmu dan keterampilan seputar proses kreatif di bidang fesyen.

Selama pandemi Covid-19, dengan beratnya perjuangan untuk tetap eksis di dunia fesyen, ELEMWE terbukti mampu 'naik kelas' dengan tak hanya mempertahankan produktivitas tapi juga melakukan berbagai aksi positif yang menghasilkan kesejahteraan bersama.

Di antaranya bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk pembagian masker bagi warga Jakarta juga bekerja sama dengan Bank Indonesia untuk pelatihan Batik Betawi. Ada juga pelatihan menjahit bagi warga Jakarta Timur berkolaborasi dengan Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Kota Administrasi jakarta Timur yang diikuti 100 lebih peserta.

ELEMWE juga konsisten membimbing warga rusun Tambora untuk produktif menghasilkan batik Tambora yang berada di bawah naungan Dekranasda DKI Jakarta. Pada September 2020, para perajin batik Tambora memamerkan karya mereka di Festival Kreatif dan Seni Jakarta (FKSJ) di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jakarta.

Berbagai program tersebut diharapkan dapat menjadi solusi kreatif bagi masyarakat terutama yang terdampak pandemi. Kolaborasi antara berbagai pihak dalam industri kreatif diyakini Ibu Lily menjadi kunci untuk bangkit dari kesulitan selama pandemi.

ELEMWE menyadari bahwa berbagi ilmu adalah suatu cara untuk memajukan masyarakat. Selain menggelar berbagai pelatihan keterampilan bagi masyarakat umum, ELEMWE juga memberi kesempatan magang para mahasiswa jurusan tata busana Unversitas Negeri Jakarta dan Universitas Mercu Buana.

Di ELEMWE, para mahasiswa tidak hanya belajar tentang filosofi batik Betawi dan menuangkan kreativitas ke dalam karya tapi dibekali pengetahuan dan keterampilan manajemen untuk menjadi fashionpreneur yang baik.

 

 

 

 

Close X

Desainer Lily Mariasari: Kolaborasi Positif Adalah Kunci Untuk Bangkit dari Keterpurukan Selama Pandemi

Sebelumnya

The Bloom, Koleksi Terbaru Leny Rafael Membuka Tahun 2021

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Fashion