Ilustrasi penyuntikan vaksin/ Net
Ilustrasi penyuntikan vaksin/ Net
KOMENTAR

VAKSIN Covid-19 Sinovac sudah mulai didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia. Sejumlah daerah sudah membuat jadwal vaksinasi tahap I yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan. Pertanyaannya, kapan Vaksinasi untuk masyarakat umum dimulai?

Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia berlangsung selama 15 bulan. Pemberiannya akan dibagi menjadi dua periode untuk mengutamakan beberapa kelompok yang paling berisiko terlebih dulu.

Juru Bicara (Jubir) vaksin Covid-19 Kemenkes dr Siti Nadia Wiweko menjelaskan, periode pertama vaksinasi berlangsung 1 Januari hingga April 2021, yang akan memprioritaskan 1,3 juta nakes dan 17,4 juta petugas publik.

"Untuk masyarakat umum, baru mendapatkan vaksin di periode kedua yang berlangsung selama 11 bulan, yaitu April 2021 hingga Maret 2022. Periode ini akan menjangkau jumlah masyarakat, sisa yang belum dapat vaksin dari periode pertama," kata Siti dalam Konferensi Pers daring, Minggu (3/1).

Indonesia sudah mendapatkan 3 juta dosis vaksin Sinovac dari China. Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, juga telah melakukan penandatanganan penyediaan vaksin dengan AstraZeneca dan Novavax.

"Insya Allah kita bisa memenuhi kebutuhan vaksin, tersedia sesuai yang kita butuhkan," demikian dr Siti Nadia.




Kenali Arthritis alias Radang Sendi, Cegah dengan 4 Langkah Ini

Sebelumnya

5 Cara Cegah Sakit Saat Suhu Panas Melanda Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health