Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

DALAM tumbuh kembang si kecil, ada saja tingkah laku anak yang bikin Ayah dan Bunda geleng-geleng kepala. Bahkan secara tidak sadar, kadang Bunda suka bertanya, "kenapa sih nih anak?"

Nyatanya, tingkah ajaib anak Ayah dan Bunda tersebut menunjukkan tumbuh kembangnya yang tak boleh sedikitpun dilewatkan. Ya, anak akan belajar dari apa yang mereka lakukan dan respon yang didapat dari sekitarnya.

Yuk Bunda, kita pelajari satu per satu!

1. Hobi buat berantakan

Hobi yang satu ini sepertinya dimiliki hampir setiap anak balita, ya Bunda. Ada saja yang mereka kerjakan, mulai dari menyebar semua mainan, mengacak-acak meja makan atau meja kerja Ayah, pokoknya ruangan sudah seperti kapal pecah.

Tenang Bunda, walaupun menjengkelkan namun terbukti anak akan belajar dari situasi seperti ini. Ia akan merespon apa yang akan Bunda ucapkan ketika melihat keadaan tersebut.

Nah, tinggal bagaimana Ayah dan Bunda menyikapinya. Apakah akan memarahi anak, memintanya membereskan kekacauan tersebut, atau membantunya membereskan semua.

2. Senang menyanyikan lagu yang sama berulangkali

Jangan bosan ya, Bunda ketika si kecil senang sekali menyanyikan lagu yang itu-itu saja. Karena faktanya, ia sedang belajar berbicara. Dengan mendengarkan dan mengucapkan frasa serta kata yang sama berulangkali, maka akan memperkuat perbendaharaan katanya.

3. Tidak mau pisah dengan Bunda

Tingkah laku anak yang seperti ini terkadang membuat Bunda sangat jengkel, ya. Mau melakukan apapun jadi susah, karena si kecil tidak mau ditinggal sedikitpun.

Ternyata, si kecil bertingkah laku seperti itu karena sedang membutuhkan perlindungan dan rasa nyaman dari orangtuanya. Ikuti saja, Bunda. Karena ketika rasa aman yang dibutuhkannya terpenuhi, perilaku lengket ini sedikit demi sedikit akan berkurang.

4. Terlalu santai

Bunda pernah tidak menemukan sikap anak yang terlalu santai? Misalnya nih, Ayah dan Bunda sedang terburu-buru mau pergi, si kecil malah santai saja memakai sepatu.

Jengkel ya, Bunda. Tapi, kali ini Bunda wajib memahami tingkah mereka, karena memang sebenarnya belum benar-benar mengerti mengenai konsep waktu. Ambil sisi positifnya saja, maksudnya Ayah dan Bunda diminta untuk lebih tenang dan jangan tergesa-gesa dalam menghadapi sesuatu hal.

5. Tantrum di tempat umum

Selain membuat jengkel, tingkah laku anak seperti ini langsung membuat Bunda mati gaya. Betul, kan?

Coba tarik napas dalam-dalam, ya Bunda. Kemudian pahami, bahwa ini adalah langkah awal untuknya belajar mengenai keterampilan menghadapi emosi. Bunda jangan menyerah, cari tahu apa yang sebenarnya terjadi dan ingat bahwa ini adalah cara yang tepat untuk mengajari anak bagaimana mengelola emosinya.

6. Menjawab semuanya dengan kata TIDAK

Kalau yang satu ini pasti akan membuat Bunda bingung. Di tanya ini, dijawab TIDAK. Ditawari ini, dijawabnya TIDAK. Semuanya serba TIDAK!

Faktanya Bunda, ternyata saat anak bertingkah laku seperti demikian, ia sedang belajar mengembangkan identitas dirinya. Ia belajar untuk menunjukkan bahwa ada keinginan dan kebutuhan yang berbeda dengan apa yang Bunda tawarkan.

7. Tidak bisa duduk diam

Rasanya pusing tujuh keliling melihat anak yang tidak bisa duduk diam, bahkan sampai waktu tidur datang. Ambil positifnya saja, ya Bunda. Ini artinya anak sedang menjaga kestabilan berat badan dan kekuatan kakinya.Seperti dikutip dari @mamahtalks.id

 




Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Sebelumnya

Pemalu atau Social Anxiety? Yuk Kenali Tanda-Tandanya, Bunda!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting