Vaksin sinovac/ Net
Vaksin sinovac/ Net
KOMENTAR

VAKSIN Sinovac sudah menyelesaikan ujicoba tahap akhir di Brazil. Hasilnya cukup memuaskan, vaksin tersebut terbukti efektif melawan virus Corona.

Mengutip Reuters, Institut Butantan di negara bagian Sao Paulo yabg menyelenggaran ujicoba melaporkan betapa manjurnya vaksin itu. Dan kabar baiknya, ujicoba tahap akhir terhadap Sinovac juga sedang dilakukan di Indonesia.

"Hasil dari ujicoba Brazil menempatkan CoronaVac di atas ambang batas 50 persen yang dianggap perlu oleh ilmuwan internasional untuk melindungi manusia," tulis laporan itu

"Butantan siap pada Rabu (23/12) waktu setempat untuk mengumumkan tingkat kemanjurannya," lanjut tulisan tersebut.

Sayangnya, Sinovac belum menanggapi keberhasilan ujicoba ini.

Pertengahan minggu lalu, Menkes Brazil mengatakan bahwa vaksin Sinovac siap digunakan pada pertengahan Februari 2021. Dan sejumlah ilmuwan berharap kemanjurannya sebanding dengan buatan Pfizer-BioNTech ataupun Moderna.

"Semua orang mengharapkan tingkat kemanjuran di atas 90 persen," kata Domingos Alves, seorang profesor di Sekolah Kedokteran Ribeirao Preto di Sao Paulo, yang mengkhususkan diri dalam analisa data kesehatan.

"Hasil dari ujicoba tahap pertama sangat bagus," ujarnya.

Selain Indonesia, Singapura dan Filipina berminat mengadakan vaksin ini. Untuk Filipina, rencananya akan mendatangkan Sinovac pada Maret mendatang.

 




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health