Ilustrasi penyuntikan vaksin/ Net
Ilustrasi penyuntikan vaksin/ Net
KOMENTAR

SAAT ini, seluruh masyarakat Indonesia sedang menantikan kapan vaksin Covid-19 yang sedang diujicobakan di Indonesia selesai dan dapat diberikan kepada warga.

Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Selasa (25/11), memastikan bahwa vaksinasi akan dilakukan pada akhir Desember 2020 atau di awal Januari 2021.

"Kita telah melakukan vaksinasi di beberapa tempat, tapi ini tidak mudah karena kita mendistribusikan ke 34 provinsi dan 514 kabupaten dan kota, memerlukan sarana dan prasarana yang tidak sedikit," kata Presiden Jokowi.

Kemudian, lanjut dia, vaksin yang rencananya akan tersedia pada akhir November atau awal Desember ini memerlukan pendingin khusus, sehingga perjalanannya ke 514 kabupaten dan kota serta ke 34 provinsi, memerlukan kehati-hatian.

"Setelah vaksinasi dilakukan, pemulihan kesehatan dan rasa aman masyarakat, kita harapkan dapat memicu kegiatan ekonomi masyarakat dan mampu tercipta kembali peluang-peluang kerja yang baru," harap Presiden.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Dr Penny K Lukito MCP mengatakan, izin edar penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) vaksin Sinovac baru bisa dikeluarkan Minggu ketiga atau keempat Januari 2021.

"Kerjasama bersama untuk menuju ekspektasi kita ke depan adalah pemberian EUA pada Minggu ketiga atau keempat Januari 2021," kata Penny, beberapa waktu lalu.

 

 




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health