post image
Ilustrasi klaster keluarga/ Net
KOMENTAR

BERITA Mamah Dedeh terpapar virus corona, menjadi perhatian belakangan ini. Alhamdulillah, Mamah sendiri saat ini diberitakan dalam kondisi sudah pulih. Namun kini diketahui, dua anak Mamah juga dinyatakan tertular Covid-19.

Dari kabar yang beredar, hasil positif kedua anak Mamah diketahui usai seluruh keluarga menjalani tes swab. Kini, mereka tengah menjalani isolasi di rumah sakit.

"Semua dirawat di rumah sakit (yang terkonfirmasi positif). Anak-anaknya (yang lain) yang di rumah, makanya pada kasihan. Alhamdulillah, cucunya negatif semua," kata menantu Mamah Dedeh, Nisa, lewat telepon, dikutip dari InsertLive.

Terkait hal ini, klaster keluarga muncul di kediaman Mamah Dedeh. Dan menurut Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Dr dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah penularan covid-19 di keluarga.

Berikut tipsnya:

1. Pakai masker di dalam rumah

Jika di lingkungan keluarga ada yang terpapar covid-19, gunakanlah masker, apalagi jika berpotensi tinggi menularkan virus akibat aktivitas di luar rumah sehari-hari.

"Sebenarnya tak hanya ketika ada yang tertular, jika kita memang orang yang beraktivitas di luar rumah, mana sangat dianjurkan menggunakan masker selama berkontak dengan keluarga di rumah," saran dr Agus dalam Konferensi Pers di BNPB.

2. Protokol jika ada keluarga yang terpapar Covid-19

Sementara itu, dr Reisa Broto Asmoro memaparkan, ketika ada anggota keluarga yang terjangkit covid-19 perlu dipastikan bagaimana berjalannya proses karantina atau isolasi mandiri mereka. Yang perlu diingat, pastikan alat makan satu keluarga tidak boleh bersamaan, guna meminimalisir penularan.

"Lagi-lagi soal.peotokol.kesehatan covid-19 di lingkungan sekitar tempat tinggal. Ketika ada warga yang terpapar, bagaimana tanggung jawab sosial sebagai anggota masyarakat, di lingkungan rumah juga penting," tegas dr Reisa.

3. Segera bersihkan diri setelah pulang ke rumah

Ditegaskan dr Agus, penting untuk segera membersihkan diri saat pulang ke rumah. Hal ini untuk mematikan tidak ada jejak covid-19 yang kemungkinan menempel di baju atau alat lainnya yang dibawa saat bepergian.

"Mulai dari langsung mengganti baju, mandi, bajunya harus dipisah dan segera dicuci, baru kemudian setelah benar-benar higienis kita bisa bertemu dengan keluarga," urai dr Agus.

4. Sirkulasi udara berjalan dengan baik

Pastikan membuka semua jendela dan pintu di pagi hari demi memastikan terjadinya pergantian udara.

5. Aktifitas fisik yang menyenangkan

Pastikan seluruh anggota keluarga di rumah melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan. Ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Juga istirahat yang cukup dan kelola stres dengan baik. Beri pula dukungan dan perhatian pada seluruh anggota keluarga.

6. Terapkan etika bersin dan batuk

Hindari batuk dan bersin di dekat anggota keluarga. Selalu bersihkan area yang terkena cipratan batuk dan bersih. Pastikan selalu menerapkan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak).

7. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Pastikan seluruh anggota keluarga mendapatkan asupan makanan yang bergizi seimbang untuk menunjang kekebalan tubuh. Konsumsi buah dan sayur untuk mendapatkan tambahan vitamin dan mineral yang baik untuk imunitas yang kuat.

 

Close X

Vivi Zubedi Foundation Luncurkan Gerakan Sosial #1000MaskerUntukJabar

Sebelumnya

Pesan Rabu Pagi Dari Rumah Dinas Taman Suropati

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah News