post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

SAKIT bisa dialami siapa saja. Terpukul rasanya ketika melihat keluarga yang kita sayang terbaring lemah, tak kunjung sembuh dari penyakit yang diderita.

Sebagai umat muslim, dianjurkan untuk memohon doa kesembuhan dan kesabaran. Sebab Nabi Muhammad Saw. bersabda, bahwa setiap penyakit memiliki obat sendiri.

Dalam riwayat Muslim, dari Jabir bin Abdillah ia berkata, Rasulullah Saw. bersabda, "Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya, maka dia akan sembuh dengan seinzin Allah Swt.".

Allah Swt. juga berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 186, mengenai kebesaran-Nya mengabulkan setiap permohonan dan doa umat-umat Nya.

 وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

"Dan apabila hamba-hamba Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi perintah Ku dan beriman kepada Ki, agar mereka memperoleh kebenaran"

Menurut hadits Al Bukhari dan Muslim, Aisyah Ra mengatakan bahwa Rasulullah Saw. biasa membaca doa kesembuhan ketika ada keluarganya yang sedang sakit. Bahkan beliau sambil mengusapkan dengan tangan kanan dan membaca doa sebagai berikut:

Allahumma rabban-nas 'adzhibil-ba'sa, isyfi antasy-syafi la syafia'a Illa Syifa Ika syifa'a Al la yughadiru saqama

"Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkan lah penyakit ini, sembuhkanlah, hanya Engkau lah Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan selain kesembuhan dari Mu, kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit"

Kemudian, dikutip dari buku "Penyembuhan dengan Doa & Zikir" karya Muhammad Abdul Ghoffar, doa untuk kesembuhan diri sendiri bisa membaca "Bismillahi" sebanyak tiga kali dengan meletakkan tangan di tubuh yang terasa sakit.

Kemudian, baca ta'awuz sebanyak tujuh kali 'audzubillahi minasy syaithaanir rajin' (Aku berlindung kepada keagungan Allah dan kekuasaan Nya dari kejahatan yang aku rasakan dan aku hindari).

Dalam riwayat lain, Rasulullah Saw. membaca doa ini ketika meruqyah salah seorang sahabat:

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ   

"Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau" (Imam An-Nawawi, Al Adzkar, hal: 113)

Abu Dawud dan At-Tirmidzi juga meriwayatkan, bahwa Rasulullah Saw. menganjurkan membaca doa ini sebanyak 7 kali di hadapan orang sakit:

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

"Aku memohon kepada Allah Yang Agung, Tuhan Arasy yang megah, agar menyembuhkanmu" (Imam An-Nawawi, Al Adzkar, hal: 114).

 

Close X

2 Kematian dan 2 Kehidupan yang Mesti Dilalui Setiap Insan

Sebelumnya

Ketika Hanya Doa Yang Dapat Menyambungkan Silaturahmi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Islam