post image
Jika hendak melihat kekasih Allah berjalan-jalan di bumi, itulah orang-orang yang menjaga tubuhnya dari ujung kepala hingga ujung kaki dari perbuatan dosa/ Net
KOMENTAR

MENJADI kekasih Allah sangat diimpikan semua muslim yang taat kepada-Nya. Kekasih Allah yang dalam bahasa Arab disebut Waliyullah, memiliki beberapa keistimewaan.

Pertama, Allah akan memberi rezeki untuknya dari tempat yang tidak terduga. Doa mereka makbul, dan kehadirannya mendatangkan berkah bagi tempat di sekitarnya.

"Allah ketika mencintai hamba-Nya, dicintai oleh Allah, maka yang pertama diberikan adalah yang terbaik dari-Nya. Apa itu? Ternyata bukan dunia, bukan karier, kedudukan, atau harta yang melimpah, tapi ampunan dari dosa," kata Ustadz Adi Hidayat, dalam sebuah tayangan di channel YouTube.

Adapun ciri orang yang diampuni itu adalah terjaga dari dosa. Jadi, jika hendak melihat kekasih Allah berjalan-jalan di bumi, itulah orang-orang yang menjaga tubuhnya dari ujung kepala hingga ujung kaki dari perbuatan dosa.

"Orang yang bersih itu disebut nafiif, sedangkan yang menjaga kebersihan disebut nafiqoh. Jadi ketika orang menjaga kebersihan hingga kebersihan hatinya, bukan hanya pakaiannya, maka mengalirlah dari hatinya ke seluruh anggota tubuh kebersihan jiwa," ujar Ustadz Adi.

Sementara itu, dalam Madarij as-Salikin, Ibnu Qoyyim al-Jauziyyah, ada dua ciri kekasih Allah:

1. Wali Allah adalah orang yang sangat dekat dengan kaum fakir miskin.

Seperti terjadi pada seorang Yahudi ketika akan dihukum mati karena berkhianat kepada Rasulullah. Saat penghukuman datang, Jibril.menemui Rasulullah dan memintanya dibebaskan, karena ia senang menjamu tamu dan suka menolong fakir miskin.

Rasul pun menghampiri tawanan dan berkata, "Baru saja Jibril datang kepadaku dan aku akan membebaskanmu".

Tawanan itu bertanya, "Mengapa?" Dijawab oleh Rasulullah, "Karena engkau suka menjamu tamu dan membantu fakir miskin."

Seketik itu pula si Yahudi masuk Islam. Ia dimaafkan karena sifat kedermawanannya.

2. Wali Allah ialah anak muda yang taat beribadah.

Dia persembahkan masa muda dan ketegapan tubuhnya untuk Allah. Salah satu hadits menyebutkan, "Tidak ada yang paling dicintai Allah selain pemuda yang sudah kembali kepada Allah dan tidak ada yang paling dibenci Allah selain orangtua uanh terus menerus melakukan kemaksiatan".

Jadi, jika ada anak kecil yang taat kepada Allah dan rajin membaca Al Qur'an, dekati ia. Sebab ia akan menyebarkan berkah kepad kita.

Hadits lainnya, "Sesungguhnya, mahluk yang paling dicintai Allah adalah anak muda yang belia usianya, tegap tubuhnya, yang mempersembahkan kepemudaan dan ketegapannya untuk Allah, itulah orang yang dibanggakan Allah di hadapan para malaikat-Nya. Dikumpulkannya para malaikat itu, kemudian Allah berfirman: 'Inilah hamba-Ku yang sebenarnya'."

Maukah kamu menjadi Kekasih Allah di Dunia?

 

Close X

Hiasi Diri Dengan Malu

Sebelumnya

2 Kematian dan 2 Kehidupan yang Mesti Dilalui Setiap Insan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Islam