post image
Bunda Wirianingsih/ Foto: Repro Cinta Quran TV
KOMENTAR

KISAH luar biasa ditunjukkan pasangan suami istri Mutammimul Ula dan Wirianingsih. Orangtua luar biasa ini memiliki 11 anak yang seluruhnya merupakan hafidz Qur'an (penghapal Al Qur'an). Padahal, baik Mutammimul dan Wirianingsih adalah orangtua super sibuk dengan berbagai aktivitas dakwahnya.

Mungkin kita akan berpikir, menjadikan satu orang anak menjadi hafidz saja rasanya sulit, apalagi 11 anak. Tapi menurut wanita yang akrab disapa Bunda Wirianingsih ini, kemudahan anak dalam menghafal Al Qur'an adalah sebuah karunia dari Allah.

"Walaupun kita telah berusaha mengenalkan Al Qur'an sejak dini, tidaklah sebanding dengan karunia yang Allah berikan," kata Bunda.

"Sejak kecil saya sudah hidup dengan Al Qur'an. Masih terekam bagaimana ibu saya mengajarkan menyebut huruf Kho, ha," kenangnya.

Sejak saat itulah ia berjanji kepada Allah akan mengajarkan anak-anaknya Al Qur'an dengan tangannya sendiri. Jadi tanpa henti ia mengajarkan Al Qur'an, mulai dari memutar muratal 24 jam dan mewajibkan anak untuk membaca Al Qur'an dari Maghrib hingga isya.

"Itu adalah waktu yang tidak bisa diganggu. Bosan pasti ada, tapi itu hal yang sangat wajar," tegasnya.

Bunda kemudian memberikan tips agar bisa membentuk anak hafidz Qur'an:

1. Menyandarkan diri kepada Allah SWT, karena anak adalah titipan, jadi mintalah tolong kepada-Nya.

2. Bekerja sama dengan pasangan (suami), karena pada dasarnya bapak adalah seorang pemimpin.

3. Membuat peta target (kurikulum), misalnya di umur 6 tahun harus sudah selesai membaca Al Qur'an dengan bacaan dan tajwid yang benar. Allah meminta kita bagaimana mendidik anak yang shaleh.

4. Istiqomah

5. Konsisten. "Ada perasaan takut, jika tiba-tiba Allah memanggil, anak-anak belum bisa membaca Al Qur'an," tutur Bunda.

"Saya buat anak pertama bertanggung jawab terhadap anak nomor 9 dan anak nomor 2 bertanggung jawab terhadap anak nomor 8. Jadi, tanggung jawab terbesar dipegang oleh anak yang paling tua," jelasnya.

Jadi, sudahkan kita mendidik buah hati agar menjadi penghafal Al Qur'an? Jika belum, yuk tuntun dan ajarkan anak agar senantiasa mencintai Al Qur'an.

Sebab Allah menjanjikan banyak keutamaan kepada siapa saja yang mencintai Kalamullah, membacanya, memahami setiap makna, serta menghafalkan ayat-ayat indahnya dan menjadikan Al Qur'an sebagai pedoman hidup selama beraktivitas.

Close X

Luncurkan Finding My Self, Wirda Mansur: Lepaskan Sedih, Temukan Jati Diri

Sebelumnya

Tips Hemat Selama Pandemi ala Mike Rini: Lakukan Prinsip 'Hilang-Kurang-Ganti'

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Family