post image
ilustrasi/ Net
KOMENTAR

MEMBACA Al Qur'an adalah salah satu ibadah yang bisa dilakukan setiap hari Allah Swt. menjanjikan pahala bagi orang-orang yang membacanya.

Salah satunya adalah surat Al-Mulk yang tergolong surat Makiyah, karena terdiri dari 30 ayat. Surat ini mengandung makna yang dalam tentang kekuasaan Allah dalam penciptaan dunia.

Surat Al-Mulk dianjurkan untuk dibaca setiap malam, khususnya sebelum tidur. Seperti dijelaskan dalam sebuah hadist, "Telah menceritakan kepada kami Huraim bin Ms'ar At Tirmidzi telah menceritakan kepada kami Al Fadhl bin Iyadh dari Laits dari Abu A Zubair dari Jabir, bahwa: Tidaklah Nabi SAW tidur hingga beliau membaca Alif laan miim tanzil (Surat As Asjdah) dan Tabarokalladzi bi yadihil Mulk (Surat Al Mulk)"

Berikut keutamaan membaca surat Al-Mulk sebelum tidur:

1. Diampuni Dosanya

Anas bin Malik mengatakan, Rasulullah Saw. bersabda:

"Ada surat dari Al Qur'an, ia hanya terdiri dari 30 ayat. Surat tersebut dapat membela 'temannya', sehingga memasukkannya ke surga, yaitu Surat Tabarok." (HR Thobaroni)

2. Dihindarkan dari siksa kubur dan siksa neraka

Dari Abdulloh bin Mas'ud mengatakan:

"Barangsiapa membaca surat Tabarokalladzi 'bi yadihil Mulk setiap malam, maka Allah azza wajalla akan menghindarkannya dari azab kubur dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah SAW (masih hidup) menamainya Al-Mani'ah (penghindar/penghalang)."

3. Menjauhkan diri dari maksiat

Sebagaimana firman Allah Swt, "Mereka itu takut pada Allah di kesunyian ketika mereka tidak nampak di hadapan manusia lainnya. Mereka pun taat kepada Allah dalam keadaan sembunyi-sembunyi. Tentu saja dalam keadaan terang-terangan mereka pun lebih taat lagi pada Allah." (QS Al Mulk: 12)

4. Bertawakal

Pada ayat 15 surat Al Mulk, Allah juga menunjukkan diisyaratkannya perintah berjalan di muka bumi untuk mencari rizki lewat berdagang, bertani, dan lainnya.

Artinya, tawakal bukan berarti hanya berserah diri, melainkan juga bekerja dan berusaha.

Allah berfirman, "Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu. Maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezki-Nya." (QS Al Mulk: 15)

Tawakkal juga menjadikan manusia kuat saat ditimpa musibah.

Sementara itu, Surat As-Sajdah memiliki kandungan bahwa Nabi Muhammad Saw. adalah benar-benar seorang rasul dan Allah Swt. adalah penguasa alam semesta serta hari berbangkit benar-benar terjadi.

As-Sajdah juga merupakan anjuran melakukan salat malam, tahajjud dan witir. Dan menjelaskan fase terjadinya manusia, bahwa keadaan mukmin di dunia dan nikmat yang disediakan oleh Allah di akhirat. Serta kehinaan yang menimpa orang-orang kafir di akhirat dan permintaan mereka supaya dikembalikan ke dunia untuk bertobat dan berbuat kebaikan, akan tetapi keinginan meraka ditolak.

Berikut keutamaan membaca surat As-Sajdah:

1. Menyelamatkan dan membela orang yang membacanya di dalam kubur.

2. Menaungi pembacanya.

3. Mengusir setan.

 

Close X

Komunitas Muslim Ditekan Untuk Teken Piagam Nilai-Nilai Prancis?

Sebelumnya

Di Atas Sajadah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Islam