Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

PANDEMI menuntut kita untuk lebih kreatif menghasilkan uang. Apalagi saat ini, resesi ekonomi sudah terjadi. PHK di mana-mana dan beberapa usaha kecil terpaksa gulung tikar.

Namun ada beberapa usaha yang mampu bertahan di kondisi seperti saat ini. Mungkin peluang usaha ini bisa kita 'contek' untuk tetap bertahan di suasana pandemi. Apa saja?

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perdagangan Benny Soetrisno mengatakan, "Ini agaknya setiap orang harus mulai mengendus peluang bisnis di pasaran. Apalagi kondisi krisis yang menyisakan ketidakpastian ini membuat semua orang harus menjadi pebisnis handal".

1. Bisnis Kuliner

Bisnis yang satu ini hingga situasi sekarang dianggap sebagai peluang bisnis yang tahan krisis. Alasannya tak lain, karena masyarakat selalu membutuhkan pasokan makan dan minum di kondisi apapun.

Modalnya relatif kecil dan tenaga kerjanya tidak terlalu banyak. Sektor kuliner memiliki perputaran arus kas yang terbilang cepat. Tapi perlu diingat, bisnis ini bisa goyah ketika terjadi krisis besar dan perputaran uang yang besar dalam waktu singkat.

2. Warung Sembako

Memiliki warung sembako atau toko kelontong adalah usaha yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Usaha ini paling kebal krisis, lho!

Dalam kondisi dan keadaan apapun, orang-orang tentu masih harus memenuhi kebutuhan dasarnya dalam hal makanan pokok, seperti minyak, beras, lauk pauk, dan lainnya.

3. Toko Emas

Menjual emas atau membuka toko emas simpanan Anda sendiri adalah salah satu peluang usaha anti krisis. Alih-alih terkena dampak ekonomi, seperti pelemahan nilai tukar rupiah, justru harga emas akan melonjak pesat dan memberikan keuntungan yang sangat besar.

4. Jasa Pembayaran Online

Nah, jasa berbasis teknologi digital ini dianggap mampu bertahan dalam kondisi krisis sekalipun. Bahkan jasa daring disebut dapat pengatasi persoalan ketika masyarakat dibatasi ruang geraknya lantaran PSBB. Transaksi berbasis online dianggap memudahkan masyarakat serta memiliki keuntungan berlimpah.

5. Bisnis Kesehatan

Apapun situasinya, masyarakat tetap membutuhkan layanan kesehatan sebagai kebutuhan primer. Apalagi di tengah pandemi sekarang, di mana tenaga kesehatan menjadi garda terdepan untuk menjamin kesehatan masyarakat.

Jadi, produk atau usaha di bidang kesehatan menjadi salah satu yang dapat bertahan dan patut dipertimbangkan.

Well, Anda mau coba yang mana? Yuk, lebih kreatif!




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family