Salah satu kunci menghadapi setiap persoalan hidup dengan tenang dan baik adalah bersikap ridha/Net
Salah satu kunci menghadapi setiap persoalan hidup dengan tenang dan baik adalah bersikap ridha/Net
KOMENTAR

MASALAH dan persoalan hidup adalah hal yang tidak mungkin dipungkiri selama manusia masih bernapas. Hal yang perlu dilakukan bukanlah melarikan diri, melainkan menghadapinya sebaik mungkin.

Salah satu kunci untuk bisa menjalani setiap persoalan hidup yang datang dengan sebaik mungkin adalah dengan belajar untuk bersikap ridha pada hasil yang kita terima.

"Sahabatku, salah satu kiat agar kita mampu menghadapi persoalan hidup adalah ridha pada apa yang terjadi. Ridha terhadap apa yang akhirnya terjadi atau ridha pada hasil yang akhirnya kita terima setelah usaha yang kita lakukan," tulis pendakwah Abdullah Gymnastiar atau biasa disapa Aa Gym dalam akun Instagramnya awal pekan ini.

Aa Gym mengingatkan alasan mengapa kita harus ridha adalah karena bagaimanapun, hal atau hasil tersebut sudah terjadi.

"Mengapa kita harus ridha? Karena kalau tidak ridha pun kejadian yang sudah terjadi tetap terjadi, hasil yang sudah kita terima tetap kita terima," jelasnya dengan mengutip sumber "Buku 5 Kiat Mengatasi Persoalan Hidup".

Lebih lanjut dia menjelakan bahwa makna ridha itu sendiri bukan berarti pasrah begitu saja.

"Ridha adalah keterampilan kita untuk realistis menerima kenyataan. Hati menerima, pikiran dan fisik berikhtiar memperbaiki diri sehingga bisa menemui kenyataan yang lebih baik lagi," tulis Aa Gym.

"Oleh karena itu, peristiwa apa pun yang terjadi di dalam hidup kita, marilah kita hadapi dengan ridha, terima dengan lapang dada tanpa berkeluh kesah dan yakini bahwa segala yang terjadi ada dalam kekuasaan Allah SWT," sambungnya.

Dia mengingatkan bahwa tidak ada kejadian apa pun yang luput dari pengetahuan dan kekuasaan-Nya, sekalipun peristiwa tersebut tidak sesuai dengan harapan kita, bahkan cenderung pahit untuk diterima.

"Ridha adalah sikap terbaik agar ujian tersebut berbuah berkah bagi kita," tekannya.

Aa Gym mengibaratkan bahwa bersikap ridha ibarat nasi yang sudah jadi bubur.

"Bersikap ridha itu seperti menanak nasi tapi terlalu banyak air sehingga beras yang kita tanak malah menjadi bubur," ungkat Aa Gym.

"Menghadapi kenyataan seperti ini maka sikap terbaik kita bukanlah menggerutu atau marah-marah, melainkan bersikaplah ridha sembari mencari daun seledri, kacang kedelai, dan suwiran daging ayam, lalu ditambahi kecap dan kerupuk. Maka, jadilah bubur ayam spesial," terangnya.

Dia meningatkan bahwa meski sulit, bersikap ridha akan membuat hidup kita lebih nyaman dan lapang.

"Bukankah kita ingin Allah SWT ridha kepada kita? Jalannya adalah bersikap ridha pada apa pun keputusan-Nya," tulisnya.

"Rasulullah Saw. bersabda, 'Barang siapa yang ridha (pada ketentuan Allah), maka Allah akan ridha kepadanya.' (HR. Tirmidzi)," tandas Aa Gym.




Bukankah Aku Ini Tuhanmu?

Sebelumnya

Ya Allah, Aku Belum Pernah Kecewa dalam Berdoa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur