post image
Trisha Chas/ Net
KOMENTAR

PUNYA simpanan tas branded di rumah, bunda? Bagaimana kondisinya? Masih baguskah? Bunda tahu, bahwa tas branded itu bisa menjadi investasi jangka panjang, lho.

Ya, bunda. Tas-tas branded yang bunda koleksi bisa menjadi investasi apalagi di masa pandemi sekarang ini. Bunda bisa menjadikannya alternatif jika keuangan rumah tangga mulai menipis.

Tapi yang jadi pertanyaan, bagaimana kondisi tas-tas branded tersebut? Apakah masih layak untuk diperjualbelikan? Jika ingin menjadikannya sebagai sebuah investasi, bunda harus paham betul bagaimana cara merawat tas dengan baik dan benar.

Dalam Webinar yang diselenggarakan Crystallure dan Zeta Bags, Kamis (24/9), Founder sekaligus Owner Zeta Bags, Trisha Chas, berbagai trik merawat tas agar awet hingga jangka panjang.

1. Jangan terlalu lama disimpan

Apabila kita investasi emas, kita akan menyimpannya di tempat yang aman dan tertutup selama bertahun-tahun. Tapi tidak dengan tas kulit, ya Bunda. Kita tidak bisa hanya menyimpannya di lemari sampai bertahun-tahun, karena justru akan membuatnya cepat rusak.

"Mayoritas tas branded berbahan kulit, jadi kita merawatnya mirip dengan merawat kulit kita sendiri. Bahan leather itu sama seperti kulit kita, butuh matahari dan udara. Jadi jangan hanya ditaruh di lemari," kata Trisha.

2. Bersihkan 6 bulan sekali

Walaupun perawatannya mirip dengan merawat diri sendiri, tapi tidak perlu juga membersihkannya setiap hari, karena membuat tas cepat berjamur. Cukup bersihkan tas setiap enam bulan sekali.

"Bersihinnya juga gak bisa sembarangan, gak boleh pakai krim atau tisu basah. Cukup campurkan air bersih atau air mineral dengan sabun berbahan lembut. Terus, semprotkan cairan itu ke kain atau spons bersih ke tas branded kamu," ujar dia.

3. Gunakan silica gel

Bunda tahu, silica gel itu adalah sebuah kemasan kecil serupa kantong serbuk teh yang biasa kita temukan ketika membeli sepatu atau tas.

"Silica gel itu mampu menyerap air dalam udara yang lembab. Kita ganti silica gel itu setiap 3-6 bulan, tergantung lagi lembab banget atau tidak, karena cuaca di Indonesia jauh lebih lembab dibanding Eropa," ucapnya.

4. Pasang lampu

Lampu menjadi bagian terpenting untuk mempertahankan warna dari tas branded agar tidak teroksidasi. Tapi, gunakan lampu dengan daya yang tidak terlalu tinggi.

"Kita ada pemasangan lampu di bagian atas dengan daya cukup 0.5 Watt. Ini biar tidak oksidasi, biar warnanya gak berubah, tetap dengan warna yang sama," tegasnya.

Sebagai tambahan, tas-tas yang disimpan tidak boleh disusun secara bertumpuk, melainkan berjajar. (F)

 

Close X

Gaya Sporty Dan Minimalis Rani Hatta: Makin Kontemporer, Kian Mendunia

Sebelumnya

Chitra Subyakto: Mengeksplorasi Tanpa Henti Kekayaan Wastra Nusantara Lewat ‘Sejauh Mata Memandang’

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Fashion