post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

TIDAK hanya orang dewasa, anak-anak juga tidak terlepas dari ancaman terinfeksi virus Corona. Berdasarkan data yang dipublikasikan Satgas Penanganan Covid-19 pada situs covid19.go.id, hingga 14 September 2020 sebanyak 2,4% balita usia 0-5 tahun terpapar Corona.

Meskipun persentasenya terendah di antara kelompok lain, tapi perlu menjadi perhatian serius untuk Ayah dan Bunda mengenali gejala yang menandakan si kecil terinfeksi covid-19 dan apa langkah pencegahan yang diperlukan.

Sebagian besar kasus anak dilaporkan memiliki gejala yang ringan dan mirip dengan gejala flu: demam, radang tenggorokan, batuk, serta bersin terus menerus.

Pada sebuah studi terbaru yang dilakukan tim Covid-19 Symptoms Tracker, muncul data baru mengenai gejala khusus covid-19 pada anak. Penelitian menunjukkan, dari 198 anak yang positif, sepertiganya tidak menunjukkan gejala, sedangkan sisanya memunculkan reaksi seperti kelelahan (55%), sakit kepala (53%), demam (49%), sakit tenggorokan (38%), menurunnya nafsu makan (15%), ruam kulit (15%), dan diare (13%).

Profesor Tim Spector dari King's College London, pemimpin penelitian ini mengatakan, adanya perbedaan gejala dengan orang dewasa ini kemungkinan disebabkan karena adanya perbedaan cara sistem imun tubuh masing-masing dalam menanggapi virus.

Untuk mengatasinya, daya tahan tubuh ananda diperlukan. Di sini tugas Ayah dan Bunda memberikan asupan nutrisi terbaik, salah satunya dengan mengonsumsi susu anak. Pilihlah susu yang mengandung nutrisi seperti kalsium, protein, vitamin, dan mineral yang mengandung bakteri baik untuk kesehatan saluran cerna si kecil.

"Saluran pencernaan merupakan salah satu organ dalam tubuh si kecil yang mempunyai fungsi pertahanan tubuh terbesar terhadap infeksi, baik bakteri maupun virus," jelas Head of Medical Marketing Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur.

Kesehatan pencernaan anak bisa diperoleh dari susu yang mengandung gabungan tiga jenis probiotik bifidobakterium. Yaitu bifidobacterium longum BB536 yang berfungsi mendukung sistem imun dan mencegah infeksi saluran pernafasan.

Yang kedua, bifidobacterium breve M-16v yang berfungsi mencegah alergi serta menjaga kesehatan saluran pencernaan. Dan bifidobacterium infantis M-63 yang bertugas menjaga kesehatan saluran pencernaan plus membantu penyerapan nutrisi tubuh, sehingga daya tahan tubuh anak siap sejak dini. (F)

 

Close X

Mindful Eating, Cara Jitu Jaga Konsistensi Diet

Sebelumnya

Berenang Di Kolam Renang Umum Saat Pandemi Covid-19, Bahaya Kah?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Health