Ilutrasi/Net
Ilutrasi/Net
KOMENTAR

Surat Al Fatihah adalah surat pembuka di dalam Al Qur'an. Surat tersebut juga menjadi bacaan wajib setiap melaksanakan shalat.

Selain sebagai surat pembuka dan bacaan wajib shalat, ternyata Al Fatihah juga memiliki tiga amalan yang mampu membuat siapa saja yang membacanya secara rutin, bahagia dunia dan akhirat.

1. Tauhid

Dalam surat Al Fatihah ayat 4 disebutkan, "Hanya pada Mu kami menyembah, hanya pada Mu kami mohon pertolongan".

Ayat ini mewajibkan umat-Nya untuk selalu menyembah hanya kepada Allah. Berserah diri dan memohon pertolongan hanya kepada Sang Maha Pencipta. Sebab Allah menjanjikan, siapa yang hanya menyembah kepada-Nya dan berserah diri serta memohon pertolongan-Nya, maka mereka akan mendapat kebahagiaan di dunia dan akhirat.

2. Mengikuti Rasulullah

"Tunjukkanlah kami jalan yang lurus," (Al Fatihah: 5)

Jalan yang lurus adalah jalan yang ditunjukkan oleh Rasulullah SAW. Jadikan Nabi Muhammad SAW sebagai panutan dalam setiap menjalani kehidupan. Insya Allah, kebahagiaan dunia dan akhirat akan kita rasakan.

3. Menjauhi Kesesatan dan Hal Yang Dibenci Allah

"Bukan jalan orang-orang yang dimurkai, bukan pula jalan orang yang sesat," (Al Fatihah: 7)

Allah sangat membenci siapapun umat-Nya yang memalingkan muka daripada-Nya. Allah juga sangat tidak menyukai mereka yang meninggalkan ajaran-Nya secara sengaja. Walau begitu, Allah Maha Penyayang, Maha Pemberi Ampun. Siapa saja yang mau bertaubatan nasuha, akan dibimbingnya dan ditunjukkan jalan yang lurus.

Inilah tiga pelajaran yang kita dapat dari membaca Surat Al Fatihah. Dengan mengamalkannya, maka Anda akan bahagia dunia dan akhirat.




Bukankah Aku Ini Tuhanmu?

Sebelumnya

Ya Allah, Aku Belum Pernah Kecewa dalam Berdoa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur