Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

POLA makan memiliki peran yang penting bagi sistem kekebalan atau imun tubuh manusia. Jika tidak memperhatikan pola makan dengan baik, maka sistem imun tubuh bisa melemah. Jika sudah lemah, maka tubuh rentan pada infeksi virus, bakteri, serta peradangan.

Karena itulah, penting untuk memperhatikan pola makan yang baik dan buruk bagi tubuh.

Berikut setidaknya ada enam hal terkait pola makan yang buruk yang dapat memperlemah sistem imun tubuh manusia:

1. Terlalu banyak konsumsi garam
Dikutip dari Health, terlalu banyak konsumsi garam dapat menyebabkan defisiensi imun. Saat itu pula, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi bakteri akan berkurang. Kementerian Kesehatan merekomendasikan konsumsi garam hanya 5 gram atau 1 sendok teh saja per hari.

2. Terlalu banyak gula
Konsumsi cemilan yang mengandung terlalu banyak gula dapat melemahkan imun atau memperburuk kesehatan mental. Efek terbesar dapat muncul 1 atau 2 jam setelah makan gula, tapi umumnya bertahan hingga 5 jam. Rekomendasi Kemenkes, asupan gula per hari maksimal 50 Gran atau setara dengan 4 sendok makan.

3. Terlalu banyak lemak
Konsumsi lemak berlebih dikaitkan dengan obesitas, faktor yang juga dapat melemahkan kekebalan tubuh. Kemenkes menyarankan asupan lemak maksimal harian adalah 67 gram atau setara dengan lima sendok makan saja.

4. Terlalu banyak kafein
Konsumsi kafein atau kopi selama work from home tanpa disadari juga dapat melemahkan sistem imunitas. Oleh karena itu, batasi konsumsi kafein setidaknya 6 jam sebelum tidur.

5. Melewatkan serat
Banyak orang tidak suka mengonsumsi sayur sebagai sumber serat.  Alasannya, rasa yang tidak enak. Karenanya, mulailah mengonsumsi serat dengan makan sayur-sayuran yang disukai, buah, dan kacang-kacangan.

6. Konsumsi alkohol
Alkohol sering kali dianggap dapat melepas stres. Penelitian yang diterbitkan jurnal Alcohol Research, ada hubungan antara asupan alkohol berlebih dengan respon imun yang melemah. Efeknya berakibat pada peningkatan terhadap pneumonia dan kemungkinan lebih besarnya adalah mengembangkan sindrom stres pernapasan akut.

Yuk hindari keenam hal tersebut!




Waspada Kanker Kandung Kemih: Sadari, Cegah, dan Harapan Baru Pengobatan

Sebelumnya

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Saat Bayi Alami Batuk Pilek

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health