Masker kain/Net
Masker kain/Net
KOMENTAR

MEMAKAI masker kain sudah menjadi kewajiban bagi siapa saja yang terpaksa keluar rumah di tengah pandemi virus corona saat ini.

Masker kain disebut-sebut 70 persen efektif menangkal virus, termasuk virus corona.

Namun dalam penggunaannya, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan. Maksudnya, agar fungsinya benar-benar efektif menangkal virus, bakteri dan penyakit.

Ahli Penyakit Tropik dan Infeksi dr Erni Juwita Nelwan SpPD-KPTI mengingatkan, hal yang perlu diperhatikan saat memakai masker kain adalah jangan sampai terbalik saat mengenakannya.

"Menggunakan maskernya tetap harus tertib. Yang untuk bagian luar digunakan di luar, dan yang dalam untuk bagian dalam. Karena, bisa jadi sudah banyak kotoran/kuman yang menempel di situ," jelas dr Erni.

Selain itu, masker kain juga harus terjaga kebersihannya. Disimpan dengan baik, seperti disimpan dalam kantong tertutup, tidak diletakkan sembarangan.

Masker kain juga digunakan hanya saat keluar rumah atau jika berada di luar saja.

"Jadi jika sudah sampai kembali ke rumah, segera buka masker tersebut. Jangan disimpan saja, langsung dicuci. Untuk mencucinya, biasa saja. Tidak ada perlakuan khusus," tegas dia.

Meski menggunakan masker kain, tetap jaga jarak minimal 1-2 meter dan rajin mencuci tangan. Selain itu, WHO merekomendasikan penggunaannya tidak lebih dari empat jam.




Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Sebelumnya

4 Cara Manajemen Stres untuk Menjaga Kesehatan Mental

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health