post image
Family Time/Net
KOMENTAR

SEGALA sesuatu yang terjadi di muka bumi ini tidak terlepas dari izin serta kuasa Sang Pencipta. Karena itulah, ketika kita sebagai manusia dihadapkan pada masalah, seperti yang saat ini tengah terjadi dengan pandemi virus corona atau Covid-19, baiknya kita mengingat hakikat tersebut, bahwa hal itu terjadi karena perintah Allah SWT.

Karena itu, alih-alih stres dan cemas, ada baiknya mencoba tetap berpikir positif dan menggali hikmah di balik pandemi virus corona.

"Tidak ada yang terjadi secara kebetuan di dunia ini. semua ada tujuan dan hikmahnya," kata psikolog asal Kalimantan Timur, Siti Mahmudah Indah dalam unggahan di laman Instagram Ikatan Psikologi klinis Indonesia.

Lalu apa hikmah yang bisa dipetik dari pandemi virus corona yang saat ini terjadi?

Pertama, peran ayah dan ibu kembali diasah. Karena pandemi virus corona memicu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan pemerintah negara untuk mendesak warga menjaga jarak sosial dan melakukan karantina mandiri. Hal itu diiringi dengan kebijakan sekolah di rumah dan bekerja dari rumah.

Pada momen ini, peran ayah dan ibu kembali diasah karena momen berkumpul bersama di dalam rumah.

Kedua, setiap anggota keluarga dapat berkomunikasi tanpa jarak dan memberi perhatian yang lebih intens satu sama lain. Hal ini bisa terjadi karena seluruh anggota keluarga berada di dalam rumah yang sama untuk waktu yang lama. Sehingga, komunikasi yang biasanya terbatas atau dilakukan melalui ponsel, bisa dilakukan secara langsung.

Ketiga, kondisi ini bisa saling mengasah kepekaan dan kepedulian antar anggota keluarga.

Keempat, pandemi virus corona juga bisa menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Karena tidak ada suatu hal pun yang hadir tanpa ada hikmah yang kita ambil.

Kelima, orangtua dan anak dapat bersama-sama membuat agenda kegiatan keluarga di rumah dalam membangun quality time bersama. (F)

Close X

Menjaga Mental Ibu dan Anak di Masa Pandemi

Sebelumnya

Simak Strategi Menjaga Kesehatan Anak Saat Pandemi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family World