Italica Grondona/Net
Italica Grondona/Net
KOMENTAR

ORANG lanjut usia atau lansia memang merupakan kelompok yang paling rentan terhadap penularan virus corona atau Covid-19. Namun demikian, bukan berarti mustahil untuk sembuh dari penyakit yang tengah menjadi pandemi global itu.

Ada kabar bahagia dari Italia. Seorang nenek berusia lebih dari satu abad berhasi sembuh dari virus corona. Nenek 102 tahun bernama Italica Grondona itu berasal dari kota Genoa di Italia bagian utara.

Dia berhasil mengalahkan virus di dalam tubuhnya setelah lebih dari 20 hari menghabiskan waktu di rumah sakit.

"Kami menjulukinya highlander, atau yang abadi," kata dokter Vera Sicbaldi yang merawat sang nenek di rumah sakit San Martino di Genoa.

"Italica mewakili harapan bagi semua lansia yang menghadapi pandemi ini," tambah Sicbaldi.

Merujuk pada data National Health Institute, usia rata-rata dari mereka yang telah dites positif terkena virus corona dan kemudian meninggal di Italia adalah usia 78 tahun.

Grondona sendiri diketahui dirawat di rumah sakit pada awal Maret lalu karena gagal jantung ringan.

"Dia hanya memiliki beberapa gejala virus corona ringan, jadi kami mengujinya dan dia positif, tetapi kami sangat sedikit (menanganinya), dia sembuh sendiri," tambah Sicbaldi, seperti dimuat CNN akhir pekan ini.

Dokter mengatakan bahwa kasusnya sangat mengesankan mereka sehingga mereka memutuskan untuk mempelajarinya lebih dalam.

"Kami mendapat sampel serologis, dia adalah pasien pertama yang kami tahu yang mungkin telah melewati flu Spanyol sejak dia lahir pada tahun 1917," jelas Sicbaldi, merujuk pada pandemi flu 1918/1919 yang menewaskan sedikitnya 50 juta orang di seluruh dunia.

Setelah dinyatakan sembuh, Grondona lalu meninggalkan rumah sakit pada 26 Maret kemarin dan sekarang akan menghabiskan waktu untuk pulih di rumah perawatan.

"Saya tidak tahu apa rahasianya, tetapi saya tahu dia adalah wanita yang bebas dan mandiri," kata keponakannya,  Renato Villa Grondona.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News