Museum Van Gogh di Amsterdam/Net
Museum Van Gogh di Amsterdam/Net
KOMENTAR

MELAKUKAN social distancing atau menjaga jarak sosial dan self-quarantine atau karantina mandiri di dalam rumah selama beberapa pekan demi mengerem penularan virus corona atau Covid-19 tidak harus selalu membosankan. Banyak kegiatan yang bisa dikerjakan atau hiburan yang bisa dinikmati dari rumah jika rasa bosan menghampiri.

Salah satunya yang patut dicoba adalah menjelajah museum-museum ternama di dunia. Eits.. Bukan berarti kita harus bepergian ke sana. Apalagi di tengah pandemi virus corona yang terjadi saat ini dan banyak negara yang tengah melakukan lockdown dan pembatasan perjalan saat ini.

Menjelajah yang dimaksud adalah melakukan perjalanan secara virtual ke museum-museum ternama dunia, melihat sekeliling museum dan mengamati lebih dekat semua lukisan, patung, artefak dan koleksi yang dimiliki museum-museum ini.

Bagaimana caranya? Google Arts and Culture jawabannya.

Google Arts and Culture telah bekerja sama dengan beberapa ratus museum dan galeri dari seluruh dunia untuk membawa semua orang melakukan tur virtual dan pameran beberapa tempat paling terkenal di dunia. Koleksi Google tersebut, termasuk museum top dunia seperti Museum Guggenheim di New York, Museum Van Gogh di Amsterdam, dan Museum Inggris di London.

Bagaimana cara memulainya? Anda dapat dengan mudah mengunjungi situs artsandculture.google.com. Ada banyak pilihan museum yang bisa dikunjungi secara virtual. Namun jika Anda bingung, mengutip boredpanda, mungkin 12 museum top dunia ini bisa jadi referensi.

1. British Museum, London

Tur virtual museum ikonik yang terletak di jantung kota London ini memungkinkan Anda untuk melakukan tur melalui berbagai periode sejarah dan menemukan wawasan baru seperti mumi-mumi Mesir. Selain itu juga ada ratusan artefak lainnya dapat dilihat di sana.

2. Rijksmuseum, Amsterdam

Ini Merupakan rumah bagi banyak karya besar dari Zaman Keemasan Belanda, museum ikonik ini menawarkan tur Google Street View yang akan membuat Anda merasa seperti sedang berjalan-jalan di aula yang didekorasi dengan sangat cermat. Pergilah ke sana untuk melihat karya-karya dari para genius seperti Vermeer dan Rembrandt.

3. Galeri Seni Nasional, Washington, D.C.

Museum seni Amerika ini menawarkan dua pameran online di Google. Yang pertama adalah pameran mode Amerika dari tahun 1740 hingga 1895, yang mencakup banyak rendering pakaian dari zaman kolonial ke era revolusioner. Sedangkan yang kedua memamerkan karya-karya seniman Barok Belanda Johannes Vermeer.

4. Museum Guggenheim, New York

Dengan menggunakan fitur Street View Google, kini Anda dapat tur tangga spiral Guggenheim yang terkenal tanpa harus melakukan perjalanan dan berjalan yang sebenarnya. Di sana, Anda dapat melihat karya seni yang luar biasa dari berbagai periode sejarah, termasuk era Impresionis, Post-Impresionis, Modern dan Kontemporer.

5. Museum Nasional Seni Modern dan Kontemporer, Seoul

Museum ini adalah salah satu yang paling populer di Korea dan sekarang Anda dapat mengaksesnya dari mana saja di seluruh dunia. Tur virtual museum nasional akan membawa Anda melewati enam lantai seni kontemporer Korea dan internasional.

6. Museum Pergamon, Berlin

Pergamon adalah salah satu museum terbesar di Jerman. Karena itulah, museim ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Museum bersejarah ini memiliki banyak artefak kuno seperti Gerbang Ishtar Babel yang terkenal dan, tentu saja, Altar Pergamon.

7. Van Gogh Museum, Amsterdam

Anda dapat melihat karya-karya pelukis ternama ini dari dekat dengan masuk ke museum virtual ini yang merupakan rumah bagi koleksi karya seni terbesar oleh Vincent van Gogh. Koleksinya meliputi lebih dari 200 lukisan, 500 gambar, dan lebih dari 750 surat pribadi.

8. Museum J. Paul Getty, Los Angeles

Museum seni yang terletak di California ini akan membawa Anda kembali ke abad ke-8, karena Anda dapat melihat karya seni Eropa di sana dari periode-periode lama ini. Ikuti tur Street View untuk menjelajahi koleksi besar karya agung, seperti lukisan, gambar, patung, manuskrip, dan foto.

9. MASP, Sao Paulo

Museum nirlaba modern ini adalah yang pertama dari jenisnya di Brasil. Ikuti tur virtual untuk tampilan yang indah dari koleksi besar MASP yang mencakup lebih dari 10 ribu karya. Lukisan, patung, foto, dan bahkan kostum dari berbagai periode sejarah dan berbagai tempat dapat dilihat di sana.




Belajar tentang Self-Love dari Sosok Ira Nandha

Sebelumnya

Dari Kuliner hingga Skincare, Inara Rusli Fokus Mengembangkan Bisnis

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment