KOMENTAR

PARA ilmuwan kedokteran terus melakukan ujicoba terhadap beberapa obat yang diyakini mampu menyembuhkan pasien dengan Coronavirus. Dan kabar baik, China sepakat dengan obat flu bermerk Avigan buatan Jepang, efektif melawan Covid-19.

Direktur Pusat Nasional China Untuk Pengembangan Bioteknologi Zhang Xin min, dalam konferensi pers seperti dikutip dari Nikkei Asian Review, membenarkan hal itu. Menurut dia, Avigan yang merupakan obat favipiravir yang dikembangkan oleh Fujifilm Toyama Chemical,sangat aman dan jelas efektif.

Obat flu tersebut sebenarnya sudah dikembangkan sejak 2014 dan sejak Februari lalu Jepang memberikan obat tersebut kepada pasien positif Corona. Bahkan Avigan telah melalui uji klinis pada 200 pasien di rumah sakit Wuhan dan Shenzhen.

Hasilnya, mereka negatif dalam waktu singkat dan gejala pneumonia sangat berkurang.

"Pasien yang memakai favipiravir dites negatif setelah empat hari. Sedangkan pengguna obat lain 11 hari (baru negatif)," ujar Zhang.

Uji klinis di Wuhan justru lebih cepat. Pasien yang diobati dengan favipiravir sembuh dari demam dalam 2,5 hari. Sementara pasien lain 4 hari.

Gejala batuk membaik dalam 4 hari, lebih awal sibanding mereka yang tidak minum obat.

Avigan sendiri diatur khusus oleh pemerintah Jepang, yaitu hanya bisa digunakan jika influenza jenis baru muncul.




Din Syamsuddin Jadi Pembicara dalam Sidang Grup Strategis Federasi Rusia-Dunia Islam di Kazan

Sebelumnya

Buku “Perdamaian yang Buruk, Perang yang Baik” dan “Buldozer dari Palestina” Karya Teguh Santosa Hadir di Pojok Baca Digital Gedung Dewan Pers

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News