post image
KOMENTAR

STRES tidak saja terjadi pada kaum pekerja. Ibu rumah tangga juga punya beban persoalan yang tak kalah pelik. Ikuti tips berikut ini, agar Anda bisa tetap tentram menjalani peran sebagai ibu rumah tangga dalam mengurus suami dan anak-anak.

Keluar rumah

Sebaiknya Anda jangan menyiksa diri sendiri dengan berada di dalam rumah terus sepanjang hari. Meski Anda adalah ibu rumah tangga, Anda tetap harus keluar rumah setiap hari. Ini agar pikiran kita bisa segar dan kita tidak stuck secara perlahan. Menghirup udara segar di sekitar rumah, bertemu tetangga, atau pergi ke minimarket terdekat bisa membuat hari Anda jadi lebih menyenangkan.

Tetap Terhidrasi

Semua ibu rumah tangga membutuhkan asupan cairan yang cukup agar tidak dehidrasi. Mulailah hari dengan kopi agar mental ibu rumah tangga siap untuk menjalani hari, lalu minum lebih banyak air putih di siang hari, dan akhiri aktivitas seharian di malam hari dengan minum air putih atau segelas susu hangat.

Olahraga

Tujuan ibu rumah tangga berolahraga bukanlah semata menjadi kurus atau punya tubuh ideal. Tujuannya adalah agar Anda punya waktu untuk menjernihkan pikiran dan relaksasi tanpa ada yang mengganggu. Ibu rumah tangga tidak perlu melakukan olahraga setiap hari, mulailah beberapa kali seminggu. Selama ibu rumah tangga berolahraga, mintalah suami untuk menjaga si kecil dulu. Kalau tidak ada orang yang bisa dimintai tolong untuk menjaga si kecil, ibu rumah tangga bisa berolahraga di dalam rumah.

Mencari bantuan

Carilah asisten rumah tangga atau nanny untuk mendapatkan bantuan. Dengan begitu, kegiatan Anda sehari-hari akan lebih fleksibel. Anda punya orang yang bisa dipercaya untuk mengasuh anak-anak selama beberapa jam saat Anda harus ke luar, misalnya ke salon, bertemu teman yang positif, Ini akan sangat bermanfaat untuk kejiwaan ibu rumah tangga.

Luangkan waktu untuk diri sendiri

Cobalah cari hal yang Anda suka lakukan dan rutinlah melakukan hal tersebut selama beberapa kali seminggu. Anggaplah ini adalah sebuah me time untuk ibu rumah tangga, di mana Anda bisa memprioritaskan diri sendiri untuk sesaat.

Join komunitas baru

Salah satu hal yang bikin jenuh saat harus menjadi ibu rumah tangga adalah tidak bisa bertemu orang dewasa yang bisa diajak ngobrol dan berdiskusi kapanpun. Kalau itu yang menjadi masalah, carilah komunitas di sekitar tempat Anda tinggal. Ibu rumah tangga bisa cari komunitas sesama Ibu, komunitas Ibu menyusui, birth club, dan lain sebagainya. Ini akan membantu ibu rumah tangga bersosialisasi, dan memberi Anda kesempatan untuk berbincang dan berbicara dengan orang lain layaknya orang dewasa.

Berdamai dengan kondisi rumah yang berantakan

Namanya juga sepanjang hari di rumah, anak pasti akan otomatis membuat rumah berantakan. Jangan memaksakan diri untuk menjadi ibu rumah tangga yang sempurna, di mana rumah harus tanpa cela dan makanan selalu dimasak sendiri. Bila ibu rumah tangga bisa membereskan rumah dan masak sendiri, silakan dilakukan, tapi kalau tidak bisa, jangan terlalu dipermasalahkan.

 

   

Close X

Do and Don't Saat di Meja Makan

Sebelumnya

Utang Menumpuk, Tabungan Nol? Yuk Coba Terapi Keuangan!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Family