KOMENTAR

ANAK-anak menyukai balon karena warna-warnanya yang cerah. Bukan itu saja, ketertarikan mereka pada benda bulat ini adalah karena bisa terbang. Tentu saja, sangat menyenangkan melihat benda bulat beraneka warna itu beterbangan di dekat mereka di saat-saat istimewa seperti perayaan ulang tahun.

Kimberly S. Williams, dokter anak spesialis neuropsikologi dan psikolog klinis di Universitas Brooklyn, New York, Amerika Serikat, mengatakan bahwa balon adalah benda yang spesial bagi anak dan memiliki makna tersendiri.

“Balon merepresentasikan pesta. Balon selalu mewakili perayaan dan membuat suasana meriah. Keberadaan balon juga sering kali berarti bahwa ada anak lain, mainan, kegiatan yang ramah anak, hingga makanan yang menarik buat anak di sekitar tempat tersebut,” kata Kimberly S. Williams. Anak-anak dan bayi senang berlarian ke arah balon sebab mereka merasakan ada sesuatu yang menyenangkan di dekat balon.

Kimberly S. Williams juga menyebutkan, bahwa kesan menyenangkan bersama balon karena balon sifatnya terbatas. "Balon dianggap sebagai sebuah benda yang bisa dimiliki dalam waktu terbatas (karena mudah pecah atau kempis) dan anak-anak tahu itu," katanya.

Dalam tingkatan lebih dalam, Kimberly S. Williams menyebutkan bahwa balon juga berfungsi sebagai tolak ukur kemampuan anak dalam melindungi sebuah benda yang rapuh.

“Anak-anak secara tidak sadar akan merasa bahwa semakin lama balon mereka bertahan (tidak pecah), maka semakin baik mereka sebagai pribadi. Ini melambangkan anak sebagai seseorang yang pelindung, berhati-hati, dan menjadi salah satu pengalaman awal anak untuk bertanggung jawab,” kata Kimberly S. William.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting