KOMENTAR

KETERSEDIAAN bahan pokok makanan selama bulan Ramadan dan Lebaran 2019 dijamin aman oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian.

“Kita sudah cek, kondisi ketersediaan bahan pokok makanan kita aman, baik untuk puasa dan Idul Fitri,” kata Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Agung Hendriadi di Jakarta, Rabu (29/5).

Agung menjelaskan bahwa saat ini sejumlah bahan pokok makanan yang dipersiapkan oleh pemerintah adalah 12,9 juta ton beras, 13 juta ton minyak goreng, 389 ribu ton gula pasir, 32 ribu ton daging sapi, 471 ribu ton telur, dan 83 ribu ton bawang merah.

BKP Kementan telah menjalin koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait lainnya agar pasokan bahan pangan selama hari raya tidak terganggu.

Tidak tanggung-tanggung, kebutuhan komoditi pangan dipersiapkan sejak enam bulan yang lalu agar kestabilan harga di pasar tradisional tanah air tidak terganggu.

“Kementan akan terus berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga lain untuk menjaga pasokan bahan pangan,” jelasnya.

Selama Ramadan ini, masih kata Agung, Kementan akan tetap mengawal ketat pasokan dan harga di pasaran. Hal yang sama akan terus dilakukan sampai dan sesudah Idul Fitri nanti.

“Jika terjadi penyimpangan harga pembelian di tingkat petani maka akan langsung ditindaklanjuti oleh tim Satgas Pangan,” demikian dikatakannya.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News