KOMENTAR

BAWANG putih adalah bumbu dapur yang hampir setiap rumah masyarakat Indonesia selalu ada. Selain untuk menambah dan menguatkan cita rasa pada masakan, bawang putih juga mempunyai khasiat lain yang tak kalah pentingnya. Termasuk khasiatnya untuk kesehatan tubuh.

Apa saja manfaat bawang putih bagi tubuh?

  1. Menurunkan kadar kolesterol
  2. Mengendalikan tekanan darah. Bawang putih mengandung polisulfida yang dapat mengendalikan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Polisulfida akan membantu pembuluh darah supaya tidak mendapat tekanan yang terlalu besar.
  3. Mengatasi Jerawat. Sifat antimikroba dan antibakteri dari bawang putih membuatnya ampuh untuk mengatasi jerawat. Untuk mendapatkan manfaat bawang putih yang satu ini, cukup iris bawang putih, kemudian tempelkan pada bagian yang berjerawat.
  4. Siapa sangka manfaat bawang putih juga bisa digunakan untuk perawatan telinga? Seperti dilansir situs kesehatan Livestrong, asam fosfor di dalam bawang putih rupanya dapat membunuh bakteri penyebab masalah di telinga. Begitu juga dengan sifat antijamur, antibakteri, dan antimikroba yang dimilikinya. Cara mendapatkan manfaat bawang putih untuk telinga: Memarkan bawang putih yang sudah dikupas, kemudian rendam dalam minyak zaitun selama 1 jam. Selanjutnya, saring minyak zaitun, kemudian simpan di dalam lemari es. Teteskan minyak zaitun sedikit demi sedikit ke telinga, kemudian letakan kapas di sekelilingnya. Diamkan selama 10 menit, kemudian bersihkan secara seksama dengan kapas.
  5. Meningkatkan sistem imun
  6. Mengobati flu
  7. Mencegah kanker
  8. Detoksifikasi tubuh
  9. Mencegah demensia. Antioksidan di dalam bawang putih juga akan membantu mencegah kerusakan sel yang jadi biang keladi penuaan dini dan demensia
  10. Menguatkan tulang. Sementara kemampuannya dalam meningkatkan estrogen akan membantu mencegah keropos tulang pada wanita
  11. Mengatasi gangguan pencernaan dan meningkatkan metabolisme yang otomatis menurunkan berat badan. Kandungan allicin pada bawang putih mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh sehingga sel-sel lemak bisa terbakar lebih cepat. Sementara antioksidan di dalamnya akan membantu menghancurkan timbunan lemak di dalam tubuh.

Demikian penjelasan mengenai berbagai manfaat bawang putih dan bawang putih tunggal untuk kesehatan serta kecantikan. Tetapi disarankan untuk tidak mengonsumsi bawang putih secara berlebihan karena dapat menyebabkan efek samping antara lain mual, muntah, pusing, dan gangguan pada kehamilan.




Kenali Arthritis alias Radang Sendi, Cegah dengan 4 Langkah Ini

Sebelumnya

5 Cara Cegah Sakit Saat Suhu Panas Melanda Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health