post image
Wang Qishan/Net
KOMENTAR

WAKIL Presiden China, Wang Qishan berkunjung ke Solo, Jawa Tengah, Jumat (18/10). Wang disambut oleh Wali Kota Surakarta (Solo), FX Hadi Rudyatmo. 

Kunjungan Wang ke kota kelahiran Jokowi adalah bagian dari agendanya sebagai tamu negara dalam pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo, yang akan digelar 20 Oktober 2019.

Rombongan Wapres China disambut dengan berbagai tarian tradisional dan aneka makanan khas Solo. Rombongan mengunjungi Bendung tirtonadi, Banjarsari, dan Kali Anyar.

Ternyata masa kecil Wang pernah dilewati di Tirtonadi, Solo, sekitar tahun 1960. Kunjungan Wang ke Solo juga untuk bernostalgia.

"Dulu masih anak-anak pernah di situ (Tirtonadi). Katanya dulu suka dengan lagu Bengawan Solo, makanya di sana (China) dia juga suka menyanyikan lagu Bengawan Solo," terang Walikota Hadi.

Hal itu pula yang membuat Wang bersedia menyanyikan lagu Bengawan Solo dalam bahasa Mandarin saat jamuan makan malam bersama Walikota. Semua yang hadir bertepuk tangan dengan keindahan lagu yang dinyanyikan Wang.

Wang juga sempat berkunjung ke Museum Sangiran di Sragen. Di sana, Wang ingin melihat sejarah manusia purba. Melansir Detik,  Wang mengatakan ada kesamaan satu kurun dengan nenek moyang mereka, 1,8 juta tahun yang lalu.  "Jadi mereka ingin melihat," kata Yasin.

"Saya harap usai kunjungan ini, Wapres RRT (China) bisa menceritakan kedamaian, keindahan, bagaimana Jateng memiliki solidaritas tinggi," kata Yasin.(F)

Tabrak Nenek Dengan Skuter Listrik, Pemuda Ini Terancam Dibui Selama Lima Tahun

Sebelumnya

Lawan Islamophobia, Ratusan Ribu Warga Perancis Turun Ke Jalan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News World