Masjid Gordost Musulman/Russia Beyond
Masjid Gordost Musulman/Russia Beyond
KOMENTAR

SIAPA sangka di tanah Eropa berdiri sebuah masjid megah nan agung dan kaya akan unsur seni. Masjid itu adalah Masjid Gordost Musulman yang memiliki arti "Kebanggaan Muslim" Muhammad SAW.

Masjid yang berdiri di atas lahan seluas 5,3 hektar itu baru saja diresmikan oleh Pemimpin Republik Chechnya Ramzan Kadyrov pada Jumat pekan lalu (23/8).  

Masjid tersebut kaya akan unsur seni karena komposisi arsitektur masjid itu memadukan gaya arsitektur Arab, Persia, Asia Tengah, dan Byzantium.

Di dalam kawasan masjid, terdapat kubah utama setinggi 40 meter dengan empat menara masing-masing setinggi 63 meter.

Sementara itu, baik eksterior maupun interior masjid terbuat dari marmer yang dibawa dari Pulau Thassos, Yunani, sama dengan yang digunakan di Masjidil Haram, Mekkah.

Masjid Kebanggaan Muslim itu digadang-gadang sebagai masjid terbesar di tanah Eropa. Disebut "terbesar", karena masjid yang terletak di kota Shali itu mampu menampung hingga 30 ribu jamaah di dalam dan 70 ribu jamaah di luar. Itu berarti, masjid itu sendiri mampu menampung seluruh penduduk kota Shali yang berjumlah sekitar 54.000 jiwa.

Pembangunan masjid itu sendiri bisa dibilang cukup singkat, karena memakan waktu tujuh tahun, tepatnya sejak 2012.

Peresmian masjid tersebut bertepatan dengan ulangtahun presiden pertama Republik Chechnya, Akhmat-Haji Kadyrov dan mendapat apresiasi dari Presiden Rusia Vladimir Putin. Dia turut menyampaikan selamat kepada seluruh warga Chechnya atas peresemian Masjid Gordost Musulman.

"Penyelesaian proyek megah yang luar biasa ini betul-betul merupakan momen penting bagi penduduk Shali dan seluruh Republik Chechnya yang memeluk Islam. Masjid baru ini akan menjadi pusat spiritual dan pendidikan muslim, pusat penyebaran nilai-nilai Islam yang sejati dan abadi, serta pusat kehidupan beragama dan budaya umat Islam di seluruh wilayah ini," kata Putin dalam pesan yang dibacakan Utusan Presiden untuk Distrik Federal Kaukasus Utara, Aleksandr Matovnikov, selama upacara peresmian.

"Saya yakin bahwa masjid megah ini, salah satu yang terbesar di Eropa, akan membantu memperkenalkan sejarah dan tradisi keagamaan orang tua dan nenek moyang kita kepada masyarakat luar, terutama kepada kaum muda, dan mempererat perdamaian serta keharmonisan di tengah masyarakat kita. Saya harap Anda semua sukses," sambung Putin dalam pesan yang sama.

Menurut situs resmi Pemda Republik Chechnya, ribuan orang berkumpul pada upacara peresmian Masjid Gordost Musulman, termasuk sekitar 300 orang tamu dari 43 negara, dan lebih dari 150 tamu dari Timur Tengah, Maroko, dan Uzbekistan.

Dalam pidatonya kepada seluruh hadirin, Pemimpin Republik Chechnya Ramzan Kadyrov mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pembangunan masjid tersebut.

"Kita telah menjadi tamu dalam acara penting ini, pembukaan rumah Allah SWT yang dirahmati. Desain masjid ini betul-betul unik, semetara ukuran dan kecantikannya tiada tara. Masjid ini dinamai menurut Nabi Muhammad SAW," kata Kadyrov seperti dimuat Russia Beyond.

Sebagai informasi, Republik Chechnya adalah salah satu subjek federal di Rusia dan bukan negara terpisah. Meski berstatus republik, Chechnya adalah bagian dari Rusia, atau setara provinsi di Indonesia.

Wilayah ini terletak di daerah Kaukasus Utara dan memiliki mayoritas penduduk Islam.




Mematahkan Mitos Menikah di Bulan Syawal

Sebelumnya

Menyibak Rahasia Syawal

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur