Ilustrasi sunscreen/Pinterest
Ilustrasi sunscreen/Pinterest
KOMENTAR

MENGGUNAKAN sunscreen adalah langkah yang wajib dalam rutinitas perawatan kulit wajah di siang hari. Namun, penggunaan sunscreen ternyata lebih dari apa yang kamu kira.

Mengoleskan sunscreen saja tidak cukup karena cara yang salah dapat membuat kulit kamu lebih rentan terhadap kerusakan dan akan jadi terlihat kusam.

Ini dia beberapa faktor kesalahan dalam menggunakan sunscreen yang harus kamu hindari.

1. Tidak Melakukan Touch-Up Sunscreen

Hal ini perlu diingat karena mengoleskan sunscreen tidak hanya cukup sekali saja. Jika kamu mengira mengaplikasikan sunscreen di pagi hari sudah cukup, kamu salah.

Melakukan Touch-Up Sunscreen adalah salah satu keharusan untuk mendapat perlindungan dari sinar matahari dan hasil yang maksimal. Lakukan Touch-Up Sunscreen selama 2 jam sekali di setiap hari.

2. Melewatkan Penggunaan Sunscreen di Tengah Matahari Terik

Orang cenderung menyepelekan penggunaan sunscreen dan ini adalah salah satu kesalahan terburuk yang sering dilakukan oleh siapapun.

Meskipun sinar UVB berkurang di saat musim dingin, UVA tetap konsisten disepanjang tahun. Jadi, gunakan sunscreen baik di musim ataupun musim panas pada setiap hari.

3. Menggunakan SPF yang Salah

Pilihlah sunscreen sesuai dengan kebutuhan kulitmu, misalnya gunakan SPF yang lebih tinggi jika kulitmu sensitif atau mudah terbakar. SPF yang lebih tinggi dapat memberikan perlindungan lebih tinggi dan dapat memberikan pencegahan kerusakan akibat sinar matahari yang tajam secara maksimal. Gunakan sunscreen yang memiliki kandungan paling tidak SPF 30 atau lebih.

4. Tidak Menggunakan Sunscreen dalam Jumlah Cukup

Lakukan pengaplikasian sunscreen dalam jumlah yang cukup agar kulitmu benar-benar terlindungi. Oleskan sunscreen pada seluruh wajah secara merata minimal dua ruas jari.

5. Menganggap Kulit Kehitaman Tidak Memerlukan Sunscreen

Kulit yang kehitaman juga sama sensitif nya dengan kulit yang lain. Tajamnya sinar UV tidak memandang warna kulit kamu, itulah pentingnya selalu menggunakan sunscreen untuk waspada dari paparan sinar matahari.

6. Berpikir Bahwa Sunscreen Saja Sudah Cukup

Meski kamu menggunakan sunscreen, usahakan tidak keluar rumah saat sinar matahari sedang terik. Kenakan topi atau pakaian tertutup saat keluar rumah, terutama di siang hari.

7. Tidak Menggunakan Sunscreen dari Rumah

Tidak memakai sunscreen dari rumah adalah suatu kesalahan besar yang kamu lakukan. Sinar matahari terik juga dapat menembus jendela kaca, oleh karena itu penggunaan sunscreen adalah suatu keharusan bahkan ketika kamu ada di dalam ruangan.

8. Tidak Memakai Sunscreen di Bawah Make Up

Meskipun make up ada yang memiliki kandungan SPF, konsentrasi bahan pelindung sinar matahari lebih rendah dibandingkan dengan sunscreen. Menggunakan sunscreen sebelum make up adalah suatu keharusan untuk mencegah wajah dari kerusakan.

9. Tidak Memperhatikan Jenis Kulit Kamu

Menggunakan formula yang benar tergantung pada jenis dan kebutuhan kulit kamu. Ini akan membantu kamu mendapatkan lebih banyak manfaat, misalnya jika kamu memiliki kulit berminyak pilihlah produk dengan SPF mattifying dan jika kamu memiliki kulit kering dan kusam kamu bisa menggunakan sunscreen dengan kandungan yang melembapkan.




dr. Ayu Widyaningrum Persembahkan Teknologi Treatment Kecantikan Terbaru “Fat Filler”

Sebelumnya

Ceramide dan Niacinamide, Apa Beda dan Manfaatnya untuk Kecantikan Kulit?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga