Push-up dengan cara yang benar hadirkan segudang manfaat/Freepik
Push-up dengan cara yang benar hadirkan segudang manfaat/Freepik
KOMENTAR

PUSH-UP memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Seperti yang kita tahu, push-up merupakan salah satu gerakan sederhana dalam berolahraga, sangat efektif yang dapat dilakukan di mana saja tanpa memerlukan peralatan khusus.

Olahraga ini termasuk dalam kategori olahraga ketahanan isometrik, di mana gerakannya melibatkan penggunaan berat badan sendiri sebagai beban utama untuk memicu kontraksi otot tubuh.

Selain dikenal untuk melatih kekuatan otot-otot dan ketahanan tubuh, push-up memiliki berbagai manfaat lain yang jarang diketahui banyak orang.

Berikut adalah beberapa manfaat push-up yang tidak banyak disadari dan bisa di dapatkan jika dilakukan secara teratur

Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Push-up melibatkan banyak otot, termasuk otot inti yang membantu menjaga keseimbangan tubuh. Keseimbangan merupakan kemampuan tubuh untuk menjaga posisi tegak dan mengontrol gerakan.

Meningkatkan keseimbangan penting untuk kesehatan dan kebugaran yang optimal serta sangat diperlukan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Latihan ini mengharuskan tubuh agar tetap stabil saat melakukannya sehingga meningkatkan keseimbangan.

Menguatkan Tulang

Push-up memberikan manfaat untuk kesehatan tulang dengan membantu memperkuat dan meningkatkan kepadatan tulang. Saat melakukan push-up tubuh akan menahan berat badan memberikan tekanan pada tulang.

Tekanan ini memicu sel-sel tulang untuk pertumbuhan tulang baru sehingga memperkuat dan meningkatkan kepadatan tulang . Hal ini dapat bermanfaat dalam mencegah osteoporosis.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Push-up tidak hanya melatih otot-otot tubuh saja, push-up dapat juga meningkatkan detak jantung bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular. Latihan ini membantu meningkatkan aliran darah dan detak jantung  yang akan memperkuat jantung dan perdarahan darah.

Kondisi tersebut memaksa jantung bekerja lebih keras dan memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh. Peningkatan aliran darah ini membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Menjaga Postur Tubuh

Dengan teknik yang benar push-up dapat memperbaiki postur tubuh dengan melibatkan otot-otot seperti punggung, otot inti, dan bahu. Ketika otot ini menjadi lebih kuat akan lebih mudah untuk berdiri tegak mengurangi risiko masalah punggung dan mengurangi cidera saat berolahraga.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Semua latihan fisik salah satu nya push-up dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental melepaskan hormon kebahagiaan (endorfin) sehingga dapat membantu mengurangi stres, kecemasan dan depresi.

Dengan memasukkan push-up ke dalam rutinitas olahraga harian, kita dapat menikmati berbagai manfaatnya tanpa harus mengeluarkan uang.




Lidah Pecah-Pecah, Tanda Kekurangan Nutrisi Tambahan yang Jarang Disadari

Sebelumnya

Dampak Buruk Minum Menggunakan Sedotan: Kebiasaan Kecil yang Merugikan Kesehatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health