Ilustrasi perempuan berkerudung/Freepik
Ilustrasi perempuan berkerudung/Freepik
KOMENTAR

SAAT berpuasa dan tubuh tidak mendapat asupan udara juga asupan nutrisi yang cukup, rambutmu akan mudah rontok.

Untuk mencegah kerontokan rambut bertambah parah selama bulan puasa, kamu bisa melakukan 8 langkah berikut ini.

  1. Menjaga jumlah asupan udara: Jangan lupa minum air secukupnya, sekitar 8-10 gelas setiap hari dengan pola 2-4-2. Jika merasa sulit untuk minum air, kamu dapat mengonsumsi minuman dengan rasa yang kamu suka, seperti minuman buah atau jus.
  2. Mengonsumsi makanan bergizi: Jangan lupa mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti vitamin A, zinc, dan protein. Makanan yang mengandung protein, seperti telur, daging, dan kacang, dapat membantu memperbaiki kondisi rambut.
  3. Menggunakan minyak kelapa: Minyak ini dapat membantu mengikat protein dalam rambut serta melindunginya dari kekeringan dan kerusakan. Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala lalu usapkan rambut.
  4. Menggunakan minyak zaitun: Minyak zaitun dapat membantu menutrisi rambut, melindunginya dari kekeringan, dan membantu memperlambat kerontokan rambut secara genetik. Kamu dapat mengoleskan minyak zaitun setiap hari.
  5. Menggunakan masker rambut: Masker rambut dapat membantu membuat rambut lebih lembap dan mengurangi kerontokan rambut. Kamu dapat membuat masker rambut sendiri di rumah dengan bahan alami, seperti kuning telur dan lidah buaya.
  6. Penataan rambut dengan lembut: Jangan terlalu sering keramas, sekurang-kurangnya sekali setiap minggu. Jika ingin mengeringkan rambut setelah keramas, jangan gunakan pengering yang terlalu panas.
  7. Mengonsumsi vitamin A dan zink: Keduanya dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut, memperbaiki jaringan rambut, menjaga kelembapan alami. Kamu bisa mencoba mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan zink yaitu sayuran hijau dan buah-buahan.
  8. Menggunakan campuran lidah buaya: Campuran ini dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala. Kamu bisa mencoba menggunakan campuran lidah buaya sebagai masker rambut setiap minggu.

Jika kerontokan rambut masih terjadi terus menerus setelah melakukan langkah-langkah di atas, kamu bisa mengonsultasikan ke dokter untuk memastikan penyebab dari kerontokan rambut dan mendapatkan perawatan atau penanganan yang tepat.




Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Sebelumnya

Terbangun Tengah Malam Karena Kaki Kram, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health