Syukuran HUT ke-4 JMSI (8/2)/Gemapos
Syukuran HUT ke-4 JMSI (8/2)/Gemapos
KOMENTAR

JARINGAN Media Siber Indonesia (JMSI) memberikan penghargaan kepada 9 (sembilan) tokoh nasional yang berjasa dan memberi dukungan saat pendirian organisasi perusahaan pers tersebut.

Para penerima JMSI Initiative Award yaitu Ustad Abdul Somad, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur DKI Jakarta (2017-2022) Anies Baswedan, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua KPK (2019-2023) Firli Bahuri, budayawan Jaya Suprana, Ketua Dewan Pers (2019-2022) Mohamad Nuh, serta pengusaha nasional Tomy Winata. 

“Penghargaan diberikan kepada tokoh nasional yang mendukung inisiatif kami mendirikan JMSI sebagai upaya membangun ekosistem pers yang sehat dan profesional,” ungkap Sekretaris Jenderal JMSI Eko Pamuji usai pengumuman 9 nama penerima JMSI Inisiative Award yang digelar saat syukuran HUT ke-4 JMSI di Roemah Djan, Menteng, Jakarta pada Kamis (8/2).

Para tokoh penerima penghargaan diundang untuk menghadiri resepsi HUT ke-4 JMSI yang akan diselenggarakan pada 19 Februari 2024 di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Menurut Eko, kesembilan tokoh nasional tersebut percaya bahwa JMSI berperan penting untuk menyehatkan dan mengembangkan kehidupan pers nasional sekaligus memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara serta mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Pers yang profesional di era digital dan post truth ini adalah harapan dan pelita kita bersama. Suluh menuju cita-cita Indonesia Emas,” tegas Eko. 

Selain sembilan tokoh nasional tadi, JMSI juga memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh daerah yang memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pers di berbagai daerah. Penghargaan kategori tersebut juga akan diserahkan pada tanggal 19 Februari.

Ketua Umum JMSI Teguh Santosa menyebutkan usia JMSI yang masih terbilang muda (4 tahun-red) seharusnya menjadi kesempatan untuk para anggota berinovasi dan berkolaborasi agar JMSI dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal.

Salah satunya dengan aplikasi SemuaNews yang diluncurkan bulan Juli 2023 lalu yang dapat dimanfaatkan sebagai instrumen pendorong peningkatan kualitas anggota. Karena hanya anggota-anggota yang telah memenuhi sejumlah syarat yang dapat bergabung di aplikasi itu. 

Teguh juga menggarisbawahi peranan media selama penyelenggaraan Pemilu 2024. Teguh mengutip laporan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menyebutkan tentang menurunnya informasi hoaks dan ujaran kebencian terkait politik.

Fenomena tersebut menurut Teguh, dimungkinkan karena insan pers nasional kian menyadari peran mereka sebagai agent of change yang bertanggung jawab untuk  mendistribusikan berita-berita yang konstruktif dan produktif bagi kehidupan demokrasi di Tanah Air, tentunya dengan mengedepankan etika jurnalistik. 

Syukuran HUT ke-4 JMSI juga dihadiri sejumlah pengurus JMSI. Mulai dari anggota Dewan Pakar Arief Gunawan, Bendahara Umum Rianto Anto Geng, Ketua Bidang Kesekretariatan dan Pendataan Anggota Ari Rahman, Wakil Ketua Bidang Luar Negeri Yophiandi, Sekretaris Bidang Luar Negeri Sarah Gunawan, Sekretaris Bidang Hukum Hardi Firman, Anggota Bidang Hukum Eko Sembiring, Sekretaris Bidang Litbang yang juga Ketua Panitia HUT JMSI Wayan Sudane. Ketua JMSI Jawa Barat Sony Fitrah, hingga Ketua JMSI Banten Wahyu Hariyadi.




Menteri Perindustrian Dukung Pembentukan Satgas Pemberantasan Barang Impor Ilegal

Sebelumnya

Mendikbudristek Nadiem Makarim: Penting Menanamkan Rasa Cinta terhadap Perbedaan dalam Diri Anak Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News