Foto terakhir BTS dalam formasi lengkap sebelum menjalani wajib militer/HYBE
Foto terakhir BTS dalam formasi lengkap sebelum menjalani wajib militer/HYBE
KOMENTAR

BTS yang beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, Taehyung, dan Jungkook saat ini resmi vakum dari dunia musik karena fokus menjalani wajib militer.

Hebatnya, ketujuh anggota BTS telah merilis single dan album solo masing-masing sebelum menjalani kewajiban sebagai warga negara Korea Selatan. Jungkook, sebagai member termuda bahkan baru saja tampil di berbagai acara di Amerika Serikat untuk mempromosikan album solonya, Golden.

Setelah pada tahun lalu Jin dan J-Hope menjalani wajib militer disusul Suga pada September 2023, pada Desember ini BTS mengirim langsung empat anggotanya untuk menjalani wajib militer.

Pada 11 Desember, RM dan Taehyung berangkat lebih dulu memulai pelatihan dasar militer. Mereka diantar oleh lima personel BTS sehingga ketujuh member BTS berkumpul lagi untuk pertama kalinya sejak Jin menjalani wajib militer.

Jin menyempatkan diri untuk memberi dukungan kepada RM dan Taehyung dengan cara mengunggah foto ke Instagram. Dia menyampaikan pesan agar kedua adiknya tersebut tidak terluka dan kembali dengan kondisi yang sehat.

Jin dan J-Hope datang mengenakan seragam militer mereka, sedangkan Suga mengenakan pakaian hangat di tengah musim dingin, bergabung dengan Jimin, Taehyung, Jungkook, dan RM.

Selang satu hari kemudian, Jimin dan Jungkook menjadi dua member terakhir yang memulai latihan dasar militer. Jimin dan Jungkook juga memajang foto mereka yang sudah berkepala plontos di depan pusat pelatihan militer yang terletak di kawasan Yeoncheon. Mereka diantar ke tempat pelatihan oleh Suga dan J-Hope. Jimin dan Jungkook akan menjalani pelatihan di divisi militer angkatan darat.

Sebelum masuk ke pusat pelatihan, Jimin dan Jungkook menyempatkan diri melakuan siaran langsung lewat platform Weverse untuk mengucapkan perpisahan untuk ARMY. Saat siaran berlangsung, Jimin mengaku amat tenang bisa menjalankan tugas militernya bersama Jungkook.

“Aku merasa lebih tenang bisa memulai wamil bersama Jungkook,” kata Jimin.

“Tetap jaga kesehatan, aku akan merindukan ARMY,” timpal Jungkook.

Dengan berangkatnya RM, Taehyung, Jimin, dan Jungkook, menandakan bahwa semua anggota BTS menjalankan kewajiban sebagai warga negara.

Hal ini menepis berbagai rumor dan prediksi yang beredar dalam beberapa tahun terakhir, yang mempertanyakan apakah Korea Selatan akan memberi ‘keistimewaan’ pada anggota BTS untuk tidak mengikuti wajib militer karena mereka dianggap sebagai aset negara terbesar di industri K-pop dan budaya.

Dikutip dari Rolling Stones, RM memastikan bahwa BTS dengan formasi lengkap akan aktif lagi di industri musik pada Juni 2025.




Dari Shandy Aulia hingga Ashanti Tertahan di Dubai Imbas Banjir

Sebelumnya

Potret Kebersamaan Rossa Bareng Anak Semata Wayangnya yang Sudah Remaja, Mulai Ditanya Tipe Menantu Adaman

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment