Park So Dam/Pinterest
Park So Dam/Pinterest
KOMENTAR

AKTRIS Korea Selatan, Park So Dam merupakan penyintas kanker yang kini berkesempatan untuk membagikan pengalamannya dalam berjuang melawan penyakit tersebut.

Park So Dam baru-baru ini mengungkapkan bahwa suaranya hilang selama 8 bulan akibat kanker tiroid papiler yang pernah dideritanya.

So Dam dan Seo In Guk tampil sebagai tamu di acara Youtube “Everyday is Thursday” yang dipandu oleh Jo Hyunah. Dalam video yang dirilis pada Senin, 11 Desember lalu, So Dam berbagi pengalamannya selama menderita kanker tiroid papiler.

Sebagai infromasi, kanker tiroid papiler atau Karsinoma tiroid papiler muncul dari sel-sel folikel yang memproduksi dan menyimpan hormon tiroid.

Dilansir dari laman resmi RS Mitra Keluarga, gejala yang biasanya dialami antara lain, kesulitan bernafas, suara serak, pembengkakan kelenjar getah bening, benjolan di leher, kesulitan menelan, batuk tapi tidak flu, juga sakit leher dan tenggorokan.

Sebelumnya, Park So Dam didiagnosis menderita kanker tiroid papiler pada tahun 2021. So Dam mengungkapkan saat ia menerima naskah Death’s Game, ia baru saja menjalani operasi.

“Suaraku hilang dan leher saya tidak berfungsi sama sekali. Butuh waktu sekitar delapan bulan sampai suaraku kembali. Aku sudah mencoba untuk pulih dan menjadi lebih baik sebelum itu. Agak sulit, di saat awal syuting aku selalu pulang ke rumah dan menangis saat syuting,” ungkap So Dam.

Namun, Park So Dam berkata bahwa dia berada dalam kondisi yang baik baru-baru ini.

“Aku berpikir seperti itu dua tahun lalu. Aku tidak baik-baik saja, tetapi aku berusaha untuk menunjukkan bahwa aku baik-baik saja. Tapi akhir-akhir ini, hal yang paling sering kudengar adalah ‘Kamu terlihat baik’,” ungkap So Dam.

“Kesehatan dan kondisi mentalku telah meningkat pesat dan dengan percaya diri aku mengatakan ‘Semua menjadi lebih baik’.”




5 Fakta Film Badarawuhi yang Disebut-sebut Lebih Horor dari KKN di Desa Penari

Sebelumnya

Mengintip Keseruan Berbelanja Fuji hingga Bryan Domani di Miniso Pink

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment