Merawat kulit, pastikan semua bersih dan aman/Freepik
Merawat kulit, pastikan semua bersih dan aman/Freepik
KOMENTAR

SKINCARE routine atau rutinitas skincare adalah aktivitas mengaplikasikan skincare yang secara rutin dilakukan untuk merawat kulit wajah yang sehat dan bersih.

Dapat dikatakan bahwa pemakaian skincare telah menjadi rutinitas yang wajib dilakukan bagi semua orang, khususnya bagi perempuan.

Pemakaian skincare secara rutin bisa mewujudkan impian kulit yang sehat dan bersih. Terdapat beberapa rangkaian produk skincare yang sering digunakan oleh banyak orang, mulai dari facial wash, toner, serum, moisturizer, sunscreen dan masih banyak lagi. Tetapi, sebenarnya kulit hanya membutuhkan tiga rangkaian basic skincare, yaitu facial wash, moizturizer, dan sunscreen.

Namun, dalam mengaplikasikan skincare, ternyata masih banyak orang yang melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang tidak disadari. Lantas, kesalahan apa saja itu? Simak selengkapnya berikut ini.

Tidak Mencuci Tangan

Ketika mengaplikasikan skincare, kita harus memastikan bahwa tangan kita dalam keadaan bersih. Hal tersebut dikarenakan, apabila tidak mencuci tangan terlebih dahulu, maka kuman, bakteri serta virus yang ada di tangan dapat berpindah ke wajah sehingga menyebabkan timbulnya jerawat atau bahkan penyakit kulit lainnya.

Menggunakan Pembersih Wajah Terlalu Lama

Maksimal lamanya menggunakan pembersih wajah adalah 1 menit. Penggunaan first cleanser (cleansing oil, cleansing milk, atau cleansing balm) dan second cleanser (sambun cuci muka) yang terlalu lama dikhawatirkan akan menyumbat pori-pori, dan dapat mengurangi minyak alami di wajah sehingga dapat menimbulkan masalah baru, seperti bruntusan.

Menggunakan Handuk Badan untuk Wajah

Penggunaan handuk untuk badan di wajah kita dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Hal tersebut dikarenakan kuman atau kotoran yang menempel di badan dapat berpindah ke wajah melalui handuk.

Selain itu, permukaan handuk badan yang kasar juga dapat merusak lapisan terluar kulit wajah (skin barrier). Jika ingin menggunakan handuk untuk wajah, pastikan permukaannya lembut dan rajin mencucinya, serta hanya digunakan untuk bagian wajah saja.

Tidak Re-apply Sunscreen

Mengaplikasikan ulang sunscreen sangat penting dilakukan untuk melindungi kulit lebih ekstra dari paparan sinar matahari. Apalagi, negara beriklim tropik seperti Indonesia yang memiliki UV Indeks sangat tinggi. Secara umum, re-apply sunscreen perlu dilakukan setiap 2 jam untuk perlindungan yang lebih konsisten.




Pentingnya Perawatan Kulit, Lebih dari Sekadar Mencuci Muka

Sebelumnya

Tiga Gaya Hijab Segi Empat untuk Mendukung Penampilanmu Sehari-hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga