Favorit banyak orang, gelato dan es krim/Freepik
Favorit banyak orang, gelato dan es krim/Freepik
KOMENTAR

GELATO dan ice cream merupakan makanan yang seringkali dijadikan pilihan favorit oleh banyak orang untuk dikonsumsi ketika cuaca panas. Keduanya disajikan dengan berbagai pilihan rasa yang dapat memanjakan lidah. 

Gelato memiliki tekstur yang lebih padat dan halus dibandingkan dengan ice cream. Istilah gelato diambil dari bahasa Italia yang berarti ice cream. Sedangkan, ice cream biasanya memiliki tekstur yang lebih creamy daripada gelato.

Meskipun terlihat serupa dari segi rasa dan tekstur, nyatanya gelato dan ice cream memiliki beberapa perbedaan dalam hal bahan, cara pembuatan, dan kandungannya.

Berikut ini merupakan perbedaan gelato dan ice cream yang dihimpun Farah.id dari berbagai sumber.

Kuantitas Bahan

Gelato dan ice cream memiliki tiga bahan utama yang sama yaitu susu, gula, dan udara. Perbedaannya terletak pada proporsinya saja.

Gelato memiliki rasio susu yang lebih banyak daripada krim. Jenis susu yang dipakai adalah susu murni. Oleh karena itu, kandungan lemak yang dimiliki gelato hanya 4-8 persen.

Sementara itu, ice cream mengandung lebih banyak krim daripada susu. Kandungan krim yang lebih banyak pada ice cream menghasilkan kadar lemak sekitar 15 persen. Tidak hanya itu, pembuatan ice cream juga biasanya menggunakan kuning telur sehingga menambah kadar lemak di dalamnya.

Konsistensi

Perbedaan lain antara gelato dan ice cream bisa dilihat dari teksturnya. Adanya perbedaan konsistensi produk karena tahap pasteurisasi yang merupakan proses ketika udara masuk ke campuran gelato ataupun ice cream selama pengadukan.

Pengadukan gelato membutuhkan  kecepatan yang rendah agar dapat menghasilkan konsistensi khas gelato yang lebih padat. Maka dari itu, gelato mengandung lebih sedikit udara yaitu 25-30 persen.

Berbeda dengan gelato, pengadukan ice cream cenderung lebih cepat sehingga konsistensi ice cream lebih ringan karena lebih banyak udara yang masuk, yakni mencapai 50 persen. Udara tersebut memberikan volume pada ice cream sehingga terlihat indah penataannya.

Rasa

Gelato sendiri memiliki rasa yang lebih kaya dan intens karena sifat gelato yang lebih padat. Sedangkan, ice cream memiliki rasa lebih ringan karena mengandung lebih banyak lemak

Selain itu temperatur penyimpanan juga dapat mempengaruhi rasa. Perbedaan temperatur ini bertujuan agar mempermudah dalam menyajikan ice cream maupun gelato.

Gelato disimpan dalam suhu yang lebih hangat dibandingkan ice cream agar teksturnya tetap lembut dan tidak membeku. Gelato disajikan pada temperatur minus 15 hingga 16 derajat. Sedangkan, ice cream disajikan pada temperatur minus 20 derajat.




Naik Transportasi Umum untuk Kurangi Polusi, Tunggu Apalagi?

Sebelumnya

Hadirkan Akses Monitoring dan Pengelolaan Dana Real Time, M-Syariah Dukung Pertumbuhan Bisnis Pelaku Usaha di Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon