Pertemuan BAZNAS RI dan Bayt Zakat Wa As-Shadaqat di Mesir (23/11)/Dok. BAZNAS
Pertemuan BAZNAS RI dan Bayt Zakat Wa As-Shadaqat di Mesir (23/11)/Dok. BAZNAS
KOMENTAR

BADAN Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menjalin kerja sama dengan Bayt Zakat Wa As-Shadaqat Mesir untuk penyaluran bantuan bagi masyarakat Palestina.

Kerja sama tersebut disepakati dalam pertemuan Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA bersama Musytasyar Grand Syaikh Al-Azhar untuk Bayt Zakat Wa As-Shadaqat Prof. Dr. Sahr Nasr, dan Sekretaris Jenderal Bayt Zakat Wa As-Shadaqat Muhammad Amr Luthfi di Gedung Masyikhah Azhar, Kairo, Mesir pada Kamis (23/11).

"Kami sangat menginginkan kerja sama dengan Bayt Zakat Wa As-Shadaqat Mesir karena Bayt Zakat Wa As-Shadaqat Mesir adalah lembaga zakat resmi negara yang terpercaya dan merupakan lembaga di bawah naungan Grand Syekh Al Azhar," ujar Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA tentang alasan di balik kerja sama tersebut.

Kiai Noor menambahkan bahwa Bayt Zakat Wa As-Shadaqat juga dikenal sebagai lembaga filantropi dengan banyak akses Internasional.

Dari keterangan yang diterima Farah.id, BAZNAS RI pada tahap pertama akan menyalurkan dana sebesar 1 juta dolar AS untuk bantuan Palestina melalui Bayt Zakat Wa As-Shadaqat Mesir.

Selain dengan Bayt Zakat Wa As-Shodaqah BAZNAS RI juga akan bekerja sama  dengan Mishr Al-Kheir, serta Egyptian Red Crescent (Hilal Ahmar Mesir). Adapun dana yang akan disalurkan bersama Bait Zakat wa Shodaqat sebanyak 340 ribu dolar AS.

Sementara itu Prof. Dr. Sahr Nasr mewakili Grand Syaikh Al-Azhar selaku Ketua Bayt Zakat Wa As-Shodaqah menyambut baik kerja sama dengan BAZNAS RI. Sebelumnya, mereka juga pernah menyalurkan bantuan konstruksi bangunan untuk masyarakat Palestina seperti pembuatan tempat tinggal.

Sebagai bentuk kesepakatan kerja sama tersebut, Prof. Dr. Sahr Nasr menyampaikan bahwa semua barang yang dibeli atas nama Bayt Zakat Wa As-Shadaqat tidak ada pajak sama sekali. Bayt Zakat Wa As-Shadaqat Mesir siap mengawal BAZNAS RI mengantar bantuan Palestina ke Rafah.

Dalam waktu dekat, BAZNAS RI dan Bayt Zakat Wa As-Shadaqat telah sepakat untuk menandatangani nota kesepahaman yang bersifat umum dalam rangka penyaluran bantuan kemanusiaan di Gaza dan dilanjutkan kerja sama di berbagai bidang. Salah satunya adalah kerja sama di bidang pendidikan untuk mahasiswa penerima Beasiswa Cendekia BAZNAS Al Azhar.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News