Selamat Hari Guru Nasional
Selamat Hari Guru Nasional
KOMENTAR

SETIAP tanggal 25 November selalu diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Peringatan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dan penghargaan kepada para guru atas jasa-jasanya dalam dunia pendidikan.

Selain itu, momentum ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pentingnya pendidikan untuk masyarakat Indonesia. Biasanya Hari Guru Nasional dimeriahkan dengan berbagai acara seperti upacara, seminar, perlombaan, dan kegiatan lainnya.

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2023, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menetapkan tema dan logo resmi yang akan digunakan dalam berbagai kegiatan.

Tema Hari Guru Nasional 2023

Perayaan Hari Guru Nasional memiliki tema yang berbeda setiap tahunnya. Berdasarkan surat edaran Kemendikbudristek, tema Hari Guru Nasional 2023 adalah "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar".

Tema ini dipilih untuk memberikan apresiasi kepada para guru dan tenaga kependidikan yang telah memberikan layanan pendidikan dengan baik kepada murid, serta memiliki semangat untuk belajar, berkarya, dan berkolaborasi sesuai dengan visi Merdeka Belajar.

Logo Hari Guru Nasional 2023

Mengutip Panduan Penggunaan Logo Hari Guru Nasional 2023 yang dikeluarkan Kemendikbudristek, pada logo tersebut terdapat elemen-elemen yang memiliki makna tersendiri. Berikut penjelasannya:

1. Figur Pak Guru, Ibu Guru serta siswa dan siswi tampak dinamis dan ceria dalam menjalankan pembelajaran.

2. Pemanfaatan teknologi digambarkan dengan simbol-simbol Wifi, Laptop, Handphone serta Aplikasi Zoom, yang memiliki relevansi kuat sebagai alat penunjang kegiatan belajar mengajar. 

3. Bentuk hati menggambarkan seluruh komponen pendidikan mulai dari Guru, Peserta Didik hingga Orang Tua, yang bersinergi menciptakan semangat belajar yang merdeka dan penuh cinta guna memberikan hasil yang terbaik untuk dunia pendidikan di Indonesia.

Menjadi harapan kita bahwa para guru di Indonesia akan selamanya menjadi Pahlawan Tanpa Tanda Jasa.




Komnas Perempuan: Saatnya Pekerja Rumah Tangga (PRT) Dihormati dan Diakui Hak-haknya Selaku Warga Negara Indonesia

Sebelumnya

Palang Merah Indonesia Berkomitmen Melanjutkan Layanan Kesehatan Keliling di Kamp Pengungsian Khan Younis

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News