Lomba foto Misi Lestari 2023: See Nature/Farah
Lomba foto Misi Lestari 2023: See Nature/Farah
KOMENTAR

YAYASAN Konservasi Alam Nusantara (YKAN) mengadakan pameran 150 foto terbaik dari fotografer Indonesia yang mengikuti lomba foto bertajuk “Misi Lestari 2023: See Nature” juga coaching clinic dan talk show digelar di Senayan City pada 13-19 November 2023.

Misi Lestari merupakan kegiatan kolaboratif dalam upaya melestarikan bumi melalui aktivitas keseharian yang edukatif guna mendukung konservasi alam.

Tahun ini, YKAN juga mendukung kegiatan Global Photo Contest yang diadakan mitra globalnya, The Nature Conservancy, selama 30 Agustus hingga 29 September 2023.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, jika tahun sebelumnya Misi Lestari hanya mengadakan kontes lari saja, di tahun 2023 ini, selain lari, Misi Lestari 2023 juga mengadakan kontes foto” kata Direktur Komunikasi YKAN, Pricilla Christin di Acara Pameran Foto Misi Lestari yang dihadiri Farah.id pada selasa (14/11).

Kompetisi foto tahun ini bertema “See Nature” diikuti oleh sekitar 192 ribu peserta dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Tidak kurang dari 23 ribu foto dari Indonesia diunggah dalam ajang global ini dan 150 foto di antaranya terpilih untuk mengikuti kontes foto lokal dengan juri-juri yang terkenal andal dalam bidang fotografi. Para juri Kontes Foto Lokal Misi Lestari 2023 adalah Arbain Rambey, Riza Marlon, dan Marrysa Tunjung Sari.

“Dalam kontes foto lokal ini ada 12 pemenang dari masing-masing kategori dan satu pemenang utama. Pemenang utama berkesempatan untuk berkunjung ke Berau, salah satu lokasi kerja YKAN,” terang Priscilla.

Fotografer Alam sekaligus Juri dalam Kompetisi Foto,  Riza Marlon, mengatakan bahwa dari proses seleksi hingga ke tahap pemilihan pemenang tidak hanya dilihat dari sisi teknis saja melainkan pada etik dan kejujuran.

“Kejujuran fotografer saat mengabadikan gambar menentukan nilai sebuah foto. Hasil setting atau tidak, apakah menyakiti satwa atau melanggar kaidah etika foto binatang, menjadi bagian dari pertimbangan kami,” jelas Riza Marlon saat bincang-bincang dalam Dialog Konservasi yang sekaligus secara resmi membuka pameran foto pada Selasa (14/11).

Berikut pemenang dari masing-masing kategori:

  1. Manusia dan Alam: Andry Denisah
  2. Tumbuhan dan Jamur: Pujo Purnomo
  3. Mamalia: Tinton Aryo
  4. Burung: Gunawan Santoso
  5. Reptil & Amfibi: Aqil Fadhlullah
  6. Foto dari Udara: Iwan van Wilan
  7. Iklim: Andria Dwi Saputra
  8. Kehidupan Bawah Laut: Vincent Polii
  9. Air Tawar: Azizah Magfirah
  10. Daratan: Muhamad Akbar
  11. Serangga & Arachnida: Machicha Ayu Salsabila
  12. Perairan: Kuwadi

Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) merupakan sebuah organisasi nirlaba berbasis ilmiah yang hadir di Indonesia sejak 2014.




ParagonCorp Gelar Kelulusan Women’s Space Bersama 10 Perempuan Penggerak di Jakarta

Sebelumnya

Fakultas Komunikasi LSPR Gelar FGD Dukung Pencapaian Indonesia Emas 2045

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E