Desainer Amy Atmanto dalam Malam Keakraban PUDI di Jakarta (21/10)/Instagram @amy_atmanto
Desainer Amy Atmanto dalam Malam Keakraban PUDI di Jakarta (21/10)/Instagram @amy_atmanto
KOMENTAR

MELIHAT dinamisnya kehidupan perempuan bekerja terutama di kota-kota besar, desainer papan atas Indonesia Amy Atmanto meluncurkan ARUNA stylish wear.

“Untuk perempuan bekerja yang dinamis, saya hadirkan Aruna untuk keseharian saat bekerja, ini adalah busana yang stylish, comfortable, and chic,” ujar Amy saat ditemui Farah.id usai fashion show Aruna dalam Malam Keakraban Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PUDI) di Hotel Sheraton Grand Gandaria City beberapa waktu lalu.

Menariknya, fashion show koleksi Aruna sebagai rangkaian dari PIT & MUKERNAS XIII PUDI dibawakan oleh para dokter umum sebagai model di atas panggung. Di antara dokter umum yang tampil adalah dr. Widya Murni, dr. Milka Inkiriwang, dr. Eklendro Senduk atau dikenal dengan panggilan dr. Ekles, dan dr. Reisa Broto Asmoro.

Menurut Amy, di era yang serba cepat dan dinamis, para dokter juga dituntut untuk tampil stylish chic walau berbusana sesuai fungsi kerja mereka.

“Apalagi saat ini kian banyak dokter muda yang menjadi entrepreneur dengan membuka klinik kecantikan yang mengharuskan mereka tampil chic, stylish, namun tetap nyaman,” kata Amy.

Dalam fashion show, para dokter mengenakan atasan dalam bentuk blazer dan jaket menggunakan wastra Nusantara mulai dari batik, tenun, brokat yang simpel, hingga bordir Bali.

Tidak hanya itu, Amy juga merancang baju ‘scrub’ yang biasa digunakan para dokter dan dikombinasikan dengan kain khas Indonesia.

Data yang dihimpun Farah.id menunjukkan bahwa baju scrub adalah ‘seragam’ para dokter yang bertugas jaga di rumah sakit, biasanya di UGD, termasuk saat harus bertugas di ruang operasi.

“Dalam fashion show bersama PUDI ini, saya membuat satu baju scrub dengan sentuhan yang sangat Indonesia, yaitu dikombinasikan dengan kain tenun,” papar desainer yang juga Wakil Ketua PWI Jaya Bidang Hubungan Antarlembaga ini.

“Kita tahu bahwa para dokter di rumah sakit bekerja sangat keras sejak pandemiCOVID-19. Apalagi sekarang cuaca sangat panas, dokter butuh pakaian kerja yang nyaman. Karena itu saya membuat baju scrub dari bahan linen yang tidak berat, tidak mudah kusut, dan nyaman dipakai, lengkap dengan kantong-kantong yang fungsional,” imbuhnya.

Pembuatan baju scrub dokter dengan sentuhan khas kain Indonesia itu diakui Amy terinspirasi dari popularitas batik yang kini dikenakan para pekerja kantoran setiap hari tertentu, bahkan diwajibkan saat menyambut Hari Batik Nasional.

Karena itulah ia berpikir mengapa tidak membuat baju scrub dengan sentuhan kain Indonesia, lengkap dengan kantong-kantong untuk menyimpan stetoskop, thermometer, pulpen, maupun notebook kecil.

“Ini menjadi busana kerja yang nyaman namun stylish bagi para dokter. Banyak dokter yang ingin tampil fashionable saat bekerja tapi bingung mengenakan baju seperti apa. Aruna menjadi solusi bagi para dokter untuk menyatakan kebanggaan mereka berbusana modis dengan kain khas Nusantara,” kata Amy.

Aruna stylish wear merupakan bagian dari Aruna Garment yang sebelumnya telah membuat seragam eksklusif untuk banyak perusahaan. Dan kini, Aruna Garment menyasar para dokter di rumah sakit untuk menghadirkan pakaian scrub yang ‘berbeda’.

“Dalam koleksi yang tampil malam ini, saya menghadirkan baju-baju kerja (model mirip jas dokter), tapi dimodifikasi. Atasan diberi sentuhan Indonesia. Saat bekerja, Aruna bisa dipadukan dengan celana legging atau celana capri putih, lalu jika ingin datang ke acara formal atau pesta, bawahannya bisa diganti dengan rok tutu atau rok pleats,” jelas mantan penyiar RCTI tersebut.

Dengan mobilitas tinggi, Aruna menjadi solusi bagi pekerja aktif dan dinamis seperti para dokter karena koleksinya yang mudah dipadupadankan.

Aruna melengkapi lini koleksi Amy Atmanto sebelumnya yang terdiri dari Royal Sulam Kebaya dan Royal Kaftan. Semua dapat ditemukan di Royal Gallery, Jalan Tebet Timur Raya nomor 46 dan Instagram @Royal.Astana untuk pembelian secara online.

Aruna menjadi pakaian yang tepat bagi perempuan bekerja yang ingin tampil fashionable tanpa berlebih. Mereka pun bisa terlihat fashionable dengan baju scrub yang diberi sentuhan wastra tradisional.

“Diharapkan akan tercipta kehangatan dalam hubungan antara dokter dan pasien dari pemandangan estetik yang disajikan melalui Aruna stylish wear,” pungkas Amy.




Jadi Discover The Unseen Ikon Make Over, Isyana Sarasvati Pamerkan Lip Gloss Andalan

Sebelumnya

Makeup untuk Kulit Sensitif, Perhatikan 5 Hal Ini untuk Cegah Iritasi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga