Black coffee/Shutterstock
Black coffee/Shutterstock
KOMENTAR

KOPI menjadi satu minuman yang kini makin banyak disukai generasi muda.

Berdasarkan penelusuran Farah.id, salah satu jenis kopi yang kini digandrungi Milenial dan Gen Z adalah black coffee. Tahun depan diperkirakan Milenial dan Gen Z akan mengarah pada cold brew.

Salah satu alasan yang banyak dikemukakan adalah mengonsumsi kopi hitam usai makan siang justru dapat membuat mereka lebih produktif saat bekerja.

Benarkah?

Berikut ini tiga manfaat kopi hitam versi HealthifyMe.

Kopi hitam mampu meningkatkan suasana hati dan produktivitas

Kopi hitam menstimulasi sistem saraf serta meningkatkan pelepasan neurotransmitter, seperti dopamin dan norepinefrin, yang disebut 'bahan kimia bahagia' yang membuat kita merasa gembira dan positif.

Kafein dalam kopi hitam meningkatkan rangsangan di otak, meningkatkan mood, dan memfasilitasi lingkungan yang lebih produktif dengan meningkatkan keterampilan kognitif.

Kopi hitam dapat bekerja sebagai antidepresan

Efek antidepresan kopi berasal dari kemampuannya meningkatkan jumlah serotonin dan dopamin di otak sehingga menangkal gejala depresi seperti kesedihan, duka dan kesepian. Selain itu, kopi mengandung asam klorogenat, asam ferulat, dan asam caffeic.

Asam tersebut membantu mengurangi peradangan sel saraf yang terjadi di otak penderita depresi dan menenangkan ketidaknyamanan dan tekanan yang terkait.

Kopi hitam membantu meningkatkan daya ingat

Kopi hitam dikenal bagus untuk meningkatkan daya ingat. Seiring bertambahnya usia, keterampilan kognitif kita terpengaruh, dan kita lebih mungkin terserang penyakit yang berhubungan dengan memori seperti penyakit Alzheimer, Demensia, dan Parkinson.

Minum kopi hitam secara teratur dapat membantu mengatasi hal ini dengan menjaga saraf kita tetap aktif, sehingga meningkatkan fungsi otak.




Kenali Gejala Diabetes di Malam Hari

Sebelumnya

Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health