Drakor yang membahas kehidupan para dokter/Soompi
Drakor yang membahas kehidupan para dokter/Soompi
KOMENTAR

HARI Dokter Nasional diperingati setiap tanggal 24 Oktober. Hari Dokter Nasional bukan hanya sekadar peringatan, tetapi juga sebagai bentuk penghormatan untuk menghargai jasa para dokter yang telah berjuang untuk melayani masyarakat dalam hal kesehatan.

Hari Dokter Nasional identik dengan IDI (Ikatan Dokter Indonesia). Hal itu dikarenakan perayaan Hari Dokter Nasional juga bertepatan dengan terbentuknya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang merupakan organisasi profesi dokter terbesar di Indonesia.

Seperti diketahui bersama, peran dokter sangatlah penting dalam urusan kesehatan, termasuk untuk mendiagnosis dan merawat pasien. Selain itu, dokter juga memiliki peran sebagai penasihat kesehatan, edukator, dan peneliti dalam ilmu kedokteran.

Dalam dunia hiburan, banyak film dan serial televisi yang menjadikan profesi dokter sebagai karakter di dalamnya. Di Hollywood misalnya, kita mengenal setidaknya serial populer ER dan Grey’s Anatomy yang tayang lebih dari 10 musim.

Demikian di industri pertelevisian Korea, banyak drama Korea yang mengambil setting kehidupan para dokter baik secara profesional maupun personal.

Berikut ini 5 drama Korea bertema dokter yang bis akita

Hospital Playlist

Drama Korea yang satu ini sudah memiliki dua season. Drama yang bercerita tentang lima sekawan yang bersahabat semenjak masa kuliah hingga menjadi dokter spesialis yang berbeda-beda. Serial drama korea ini memiliki genre slice of life yang mengisahkan kehidupan para dokter dan pasien di ruang gawat darurat di rumah sakit bernama Yulje Medical Center.

Dr. Romantic

Drama ini menceritakan tentang dokter bedah yang sudah menjadi legendaris yang dikenal dengan sebutan Teacher Kim. Pada awalnya, Teacher Kim adalah dokter ahli bedah ternama di sebuah rumah sakit. Namun adanya sebuah tragedi membuat Teacher Kim harus memulai kembali profesinya sebagai dokter dari nol dengan mengabdikan diri di rumah sakit kecil di pedalaman. Drama ini berhasil menarik perhatian penonton sehingga memiliki tiga season.

Hospital Ship

Drama ini menceritakan para dokter yang harus bertugas di sebuah rumah sakit yang berada di kapal. Drama ini diperankan oleh Ha Ji Won yang meupakan dokter bedah termuda di sebuah rumah sakit besar di Seoul. Namun, ia harus menjalani tugas mengobati warga korea selatan yang tinggal di pulau-pulau terpencil. Dalam drama ini, para dokter harus mengobati pasien dengan berbagai kasus hanya dengan menggunakan fasilitas yang terbatas.

Descendants of the Sun

Bagi pecinta drama Korea pasti tahu drama yang satu ini. Drama Korea yang populer ini bercerita tentang dokter yang ditugaskan ke negara bernama Urk untuk sebuah misi kemanusian.

Doctor Stranger

Drama ini berkisah mengenai seorang dokter ahli bedah yang diculik bersama ayahnya oleh pihak Korea Utara saat masih kecil. Ia dilatih oleh ayahnya untuk menjadi dokter yang terbaik di bidangnya. Akhirnya, ia kembali ke Korea Selatan untuk bekerja di sebuah rumah sakit tetapi ia mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja barunya.

Drama Korea bertema dokter tersebut juga banyak menggambarkan pentingnya peran dokter dalam kehidupan. Itulah beberapa drama Korea menarik yang berlatar belakang kedokteran yang dapat dinikmati dan menjadi rujukan hiburan selama beraktivitas di rumah.




Penyair Joko Pinurbo, Celana, dan Jejak Mendalam di Dunia Sastra Indonesia

Sebelumnya

5 Fakta Film Badarawuhi yang Disebut-sebut Lebih Horor dari KKN di Desa Penari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment