Menkes Budi Gunadi Sadikin meluncurkan platform SatuSehat SDM Kesehatan untuk membantu nakes dan nadis mengurus perizinan/STR/Dok Kemenkes
Menkes Budi Gunadi Sadikin meluncurkan platform SatuSehat SDM Kesehatan untuk membantu nakes dan nadis mengurus perizinan/STR/Dok Kemenkes
KOMENTAR

LAYANAN kesehatan Indonesia terus bertransformasi menuju sistem kesehatan yang kuat, tangguh, dan terintegrasi. Salah satunya dengan melakukan integrasi data rekan medis pasien di fasyankes ke dalam satu platform Indonesia Health Services (IHS) yang diberi nama SATUSEHAT, yang secara resmi diluncurkan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi, 16 Juli 2023.

Dan kini, Kementerian Kesehatan kembali meluncurkan platform Satu Sehat SDM Kesehatan yang aka menjadi ekosistem layanan dukungan bagi tenaga medis dan tenaga kesehatan dalam hal pendataan, registrasi, dan perizinan.

Menkes Budi mengatakan, dengan platform baru ini tenaga medis dan tenaga kesehatan akan mendapatkan surat tanda registrasi (STR) seumur hidup Sehingga, rekan medis dan kesehatan yang berada di daerah terjauh seperti Papua, yang selama ini kesulitan mengurus STR dan biaya transportasi yang maal, akan sangat terbantu.

Meskipun memiliki izin seumur hidup, namun Kemenkes akan rutin melakukan pembelajaran berkesinambungan, sesuai dengan perkembangan kompetensi tenaga kesehatan dan tenaga medis.

Ada empat poin penting dari diluncurkannya platform SATUSEHAT SDMK ini, yaitu:

  1. Merupakan amanah dari UU Kesehatan No 17 Tahun 2023 untuk menciptakan layanan kesehatan yang banyak, merata, bermutu, adil setara, dan modern. Memudahkan dan mensejahterakan tenaga kesehatan dan masyarakat. Tujuan utama platform ini untuk mencegah kepalsuan data (terjaga validitasnya) dan akan lebih transparan karena dapat diakses secara terbuka.
  2. Selama ini belum ada pelayanan sayu pintu data valid SDM Kesehatan sebagai dasar data driven policy, sehingga platform ini akan menggabungkan beberapa sumber data yang selama ini ada di SISDMK, Konsil, dan lainnya.
  3. Perizinan praktik selama ini cukup panjang dan menyulitkan untuk nakes dan berimplikasi pada pelayanan ke masyrakat.
  4. STR nakes seumur hidup akan terhubung satu pintu dan transparan, dapat dilihat di SatuSehat SDM Kesehatan.

Dirjen Tenaga Kesehatan Ade Arianti Anaya mengimbau seluruh tenaga medis dan tenaga kesehatan untuk melakukan pemutakhiran data profil melalui SatuSehat SFMK, baik yang sudah maupun belum melakukan pengurusan STR seumur hidup. Untuk yang sudah, sebaiknya melakukan perbaikan data di SatuSehat SDMK.




Pembatalan Kenaikan UKT oleh Menteri Nadiem Tidak Menyelesaikan Masalah

Sebelumnya

Menteri Nadiem Batalkan Kenaikan UKT

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News