Beberapa CR-Box akan sangat membantu memperbaiki kualitas udara di rumah/Smart Air
Beberapa CR-Box akan sangat membantu memperbaiki kualitas udara di rumah/Smart Air
KOMENTAR

POLUSI udara di kota-kota besar ternyata belum dapat ‘disembuhkan’. Anak-anak semakin mudah terserang penyakit saluran pernapasan. Para orang tua pun demikian, tak luput dari penyakit sesak dan batuk.

Sebenarnya, ada banyak hal yang bisa dipakai untuk mendapatkan udara yang baik di rumah, misalnya dengan air purifier. Namun, belakangan ini beberapa ahli memperkenalkan CR-Box yang harganya jauh lebih ringan ketimbang air purifier. Jika air purifier bisa didapatkan dengan merogoh kocek hingga Rp3 jutaan, CR-Box cukup mengeluarkan biaya kurang dari Rp1 juta.

CR-Box sendiri merupakan pembersih udara sederhana yang diciptakan Dr Richard Corsi, seorang dekan Fakultas Teknik dari UC Davis dan Jim Rosenthal, CO dari Texair. CR-Box terbukti secara ilmiah mengurangi partikel aerosol yang mengandung polutan berbahaya dan partikel yang membawa virus penyebab penyakit COVID-19.

Mengaoa harga CR-Box jauh lebih murah dari air purifier? Karena, alat pembersih udara ini bisa kita buat sendiri dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Tinggal menyiapkan beberapa bahan seperti gunting/cutter/silet/pisau, selotip/lakban, filter ukuran 3M atau MERV 13, dan lasko atau 20-inch box fan.

Langkah kedua yang perlu kamu lakukan adalah membuatnya atau membentuknya menjadi kubus. Caranya:

  • Susunlah filter untuk membentuk sebuah kotak simetris.
  • Pastikan semua titik sudutnya saling terhubung satu sama lain dan selotip di setiap ujungnya secara vertikal.
  • Gunakan alas kubus untuk meletakkan kardus/papan kipas.
  • Selotip bagian kardus/papan dengan struktur kubus.

Setelah semua terbentuk, pasang kipas di bagian atas kubus. Pastikan kipas terpasang dengan pas di atas kubus filter. Kemudian, selotip bagian pinggir-pinggir kipas dengan kubus filter. Pastikan semua bagian tertutup dengan selotip, sehingga tidak ada lubang terbuka.

Di bagian akhir, buat penutup untuk bagian atas kipas. Caranya, potong kardus atau papan sesuai bentuk kipas. Pastikan lubang kardus/papan sesuai dengan bentuk kipas. Selanjutnya, letakkan kardus/papas di paling atas kipas dan selotip di setiap bagian pinggirnya.




5 Cara Cegah Sakit Saat Suhu Panas Melanda Indonesia

Sebelumnya

Mengenal Diet Keto, Benarkah Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health