Ketua IKAPI Jakarta Hikmat Kurnia memberikan sambutan di upacara IBF 2023/FARAH
Ketua IKAPI Jakarta Hikmat Kurnia memberikan sambutan di upacara IBF 2023/FARAH
KOMENTAR

IKAPI Jakarta menggelar Book Fair (IBF) 2023 dengan tema “Berakhlak dan Berprestasi dengan Literasi Islam” di Istora Senayan Jakarta pada 20-24 September 2023. IBF 2023 tidak hanya diisi pameran buku tapi juga diisi beragam acara mulai dari lomba marawis, IBF Awards 2023, aneka talkshow, serta lomba kaligrafi dan mewarnai untuk anak-anak.

Farah.id hadir sebagai media partner IBF 2023 yang senantiasa peduli dan mendukung pengembangan literasi bagi segenap anak bangsa demi meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan Indonesia.

Dalam sambutannya di acara pembukaan IBF 2023, Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jakarta Hikmat Kurnia mengapresiasi segenap dukungan yang diberikan berbagai pihak demi terselenggaranya IBF tahun ini seperti Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta, Bank Syariah Indonesia, juga pemimpin 21 pesantren yang peduli literasi Islam.

“Saya mendapat amanah agar IBF terus berjalan sebagai jalan dakwah melalui literasi. Jangan sampai literasi Islami padam, karena ini adalah investasi yang tidak akan membuat kita merugi,” ujar Ketua IKAPI Jakarta mengawali sambutannya (20/9).

Hikmat menambahkan, umat Islam membutuhkan pondasi pengetahuan dan literasi untuk terus bergerak dengan mencontoh sosok Rasulullah saw. Ada Baghdad juga Cordova yang pernah menjadi pusat ilmu pengetahuan dunia. Hal itu membuktikan bahwa Islam merupakan agama yang senantiasa menyebarkan ilmu pengetahuan bagi umatnya.

Manusia harus memiliki tiga unsur dalam dirinya untuk bisa menjadi insan kamil yaitu akhlak (yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah), prestasi (agar bisa bersaing dalam kompetensi dan beradaptasi dengan perubahan dunia), serta literasi (pondasi dari lahirnya bangsa yang hebat dan peradaban yang hebat). Dengan demikian, seorang manusia akan mampu menjadi rahmatan lil alamin.

“Saya mengapresiasi bantuan dan kerja sama berbagai pihak yang memungkinkan Islamic Book Fair 2023 bisa terlaksana dengan baik. Dan lebih khsuus, saya mengucapkan terima kasih kepada para santri yang selalu antusias menyambut IBF, dengan banyak perlombaan yang diadakan, semoga para santri merasa terlibat dan menjadi bagian dari acara ini, dan semoga langkah kita di IBF menjadi ijazah tersendiri bagi kemuliaan hidup kita,” pungkas Hikmat.




Menaker Ida Fauziyah di International Labour Conference 2024: Indonesia Usung Misi Perlindungan Pekerja, Kesetaraan, dan Keberlangsungan Usaha

Sebelumnya

KBRI Kairo Resmikan Gerai Ban dan Pelek Kendaraan Indonesia di Kota Madinaty Mesir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News