Anak mitra driver Gojek yang mengikuti program GoEnglish yang dipersembahkan Gojek x Gramedia Academy/Dok. Gramedia
Anak mitra driver Gojek yang mengikuti program GoEnglish yang dipersembahkan Gojek x Gramedia Academy/Dok. Gramedia
KOMENTAR

GOJEK menggandeng Gramedia Academy untuk mengadakan kursus Bahasa Inggris komprehensif gratis bertajuk GoEnglish yang diperuntukkan bagi ribuan anak mitra driver Gojek. Program ini dilaksanakan untuk memperkuat komitmen Gojek dalam meningkatkan taraf hidup para mitra driver dan keluarga.

Kursus yang dijalankan secara komprehensif selama 20 kali pertemuan ini telah dilaksanakan pada tahun ini di puluhan kota se-Indonesia dengan menggandeng institusi ternama, Gramedia Academy.

Gede Manggala selaku Head of Regions & External Affairs Gojek menjelaskan bahwa keluarga merupakan salah satu motivasi bagi para mitra driver dalam bekerja. Karena itulah Gojek menghadirkan program Gojek Swadaya yang tidak hanya diperuntukkan bagi mitra driver, tapi juga untuk kesejahteraan keluarga mitra.

“Sejak 2019, kami melaksanakan GoEnglish atau kursus Bahasa Inggris gratis dari program Swadaya bagi anak mitra driver. Berkat antusiasme yang tinggi dan sambutan yang hangat dari mitra driver, kini kami telah menjangkau sekitar 3000 anak mitra di 30 kota se-Indonesia,” jelas Gede Manggala kepada Farah.id (12/9).

Selain program kursus Bahasa Inggris gratis bagi anak mitra driver, program Gojek Swadaya juga telah menghadirkan pelatihan wirausaha bagi istri mitra driver serta beasiswa kuliah penuh bagi anak mitra driver.

GoEnglish dilaksanakan secara komprehensif selama 20 kali pertemuan dengan durasi 1,5 jam pada setiap pertemuan, dan menggunakan modul yang disesuaikan dengan kemampuan anak mitra pada saat tes penempatan.

Gramedia Academy dipilih sebagai pelaksana GoEnglish mengingat lembaga pendidikan ini sudah terakreditasi dan memiliki tenaga pengajar berkualifikasi. Pada tahun 2023, Gramedia Academy juga melibatkan Education and Language Training (ELTI), Gramedia Store, Hotel Santika, dan Hotel Amaris sebagai tempat pelaksanaan GoEnglish.

“Saya sungguh bahagia dan amat mengapresiasi kerja sama dengan Gojek untuk memberikan kursus Bahasa Inggris gratis bagi anak para mitra driver. Sebuah kehormatan bahwa mulai tahun 2019 Gramedia Academy sudah mendidik sekitar 3000 anak mitra driver untuk menguasai kemampuan bahasa Inggris, dan kami melihat hasilnya sungguh membanggakan. Semoga inisiatif ini terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi perusahaan-perusahaan lain di industri,” ujar Wandi S. Brata selaku Publishing & Education Director of Gramedia.

Antusiasme tinggi anak mitra gojek, dari proses seleksi hingga kompetisi video

Mitra driver maupun anak mitra driver telah mengikuti seleksi tahap awal yang dilakukan sejak awal Mei 2023 untuk mengikuti program GoEnglish.

Untuk mengakomodasi minat yang cukup tinggi, program ini difokuskan kepada mitra driver Gojek aktif yang memiliki anak di usia sekolah kelas 3 hingga 6 SD. Di tahap awal, proses seleksi berupa tes penempatan atau placement test dilakukan untuk menentukan pembagian kelas berdasarkan kemampuan dasar bahasa Inggris anak-anak mitra driver.

Sepekan setelahnya, kelas GoEnglish resmi dimulai dan berlangsung hingga akhirnya selesai pada akhir Juli. Selama 20 kali pertemuan, program pendidikan bahasa Inggris komprehensif seperti pelatihan menulis (writing), mendengar (listening), juga percakapan (conversation) diberikan guna membantu anak-anak mempelajari bahasa Inggris dengan baik.

Di penghujung rangkaian kelas, kelas GoEnglish juga mengadakan kompetisi video dengan topik "Pride of becoming Gojek driver's son/daughter". Topik ini menggali kisah hangat dari para anak mitra driver yang berkesempatan untuk mengikuti kursus bahasa Inggris gratis berkat memiliki ayah/ibu seorang mitra driver Gojek.

“Kami berharap inisiatif ini dapat mempersiapkan anak mitra driver Gojek menjadi talenta era digital yang bisa beradaptasi dengan dunia kerja masa depan sehingga dapat mendorong peningkatan taraf hidup mitra driver dan keluarga. Ini juga merupakan bagian dari komitmen keberlanjutan Nol Hambatan (Zero Barriers), di mana kami berkomitmen untuk mengeliminasi seluruh hambatan terhadap akses, pertumbuhan, serta peluang semua pihak dalam ekosistem Grup GoTo,” tutup Gede.




Clean & Clear Indonesia Kembali Berikan Dukungan Penuh Bagi Tim Cricket Putri Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia

Sebelumnya

Hadirkan Tiga Zona Sehat, Bango Less Sugar Fit Festival Ajak Masyarakat Peduli Diabetes

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E