International Sufi Conference 28-31 Agustus di Hotel Sahid Mandarin Pekalongan/Dok. Kemhan
International Sufi Conference 28-31 Agustus di Hotel Sahid Mandarin Pekalongan/Dok. Kemhan
KOMENTAR

PRESIDEN Joko Widodo menghadiri  pembukaan International Sufi Conference bertajuk “Contemporary Sufi Work in A Renewed World” di Pekalongan, Jawa Tengah pada 29 Agustus 2023.

Muktamar yang berlangsung 28-31 Agustus 2023 ini dihadiri 73 sufi yang berasal dari 38 negara juga 1.000 ulama dari Tanah Air. Dari penelusuran Farah.id, di antara ulama sufi yang hadir adalah Syeikh Muhammad Riyadh Bazo (Lebanon), Syeikh Dr. Usama Sayyid Al-Azhari (Mesir), Syeikh Christoper Sulaiman (Prancis), dan dari dalam negeri seperti Habib Umar Muthoha, Kyai Kafabihi Lirboyo, dan Muhammad Lutfi bin Yahya.

Presiden mengungkapkan harapannya agar Indonesia semakin dikenal sebagai contoh negara moderat yang berkontribusi menciptakan peradaban dunia yang damai.

“Diwujudkan dalam menjaga alam, menjaga kemanusiaan dengan baik. Dan isu-isu yang dibahas adalah isu-isu kontemporer seperti ekonomi berkelanjutan, juga soal industri dan energi. Itu yang perlu dibahas dalam muktamar ini,” jelas Presiden usai membuka International Sufi Conference.

Presiden Joko Widodo datang didampingi Ibu Negara Joko Widodo, Ketua Panitia Nasional Muktamar Sufi Internasional Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksmana Yudho Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Muktamar ini juga mengkaji pendidikan berbasis tasawuf dan dampaknya terhadap pembentukan karakter peserta didik. Juga bagaimana kontribusi tasawuf terhadap reformasi sosial.




Din Syamsuddin Jadi Pembicara dalam Sidang Grup Strategis Federasi Rusia-Dunia Islam di Kazan

Sebelumnya

Buku “Perdamaian yang Buruk, Perang yang Baik” dan “Buldozer dari Palestina” Karya Teguh Santosa Hadir di Pojok Baca Digital Gedung Dewan Pers

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News