Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri KIM dan pegiat seni Indonesia di LRT/@widimulia
Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri KIM dan pegiat seni Indonesia di LRT/@widimulia
KOMENTAR

PRESIDEN Joko Widodo bersama sejumlah pelaku seni Tanah Air melakukan uji coba Light Rail Transit (LRT) dengan rute Stasiun Jatimulaya Bekasi sampai Stasiun Dukuh Atas (Jakarta Pusat) pada Kamis (10/8/2023).

Dalam keterangan tertulis, proses uji coba tersebut diketahui ditempuh dengan kecepatan rata-rata 50 kilometer per jam.

Di antara para pelaku seni yang ikut menaiki LRT adalah Ari Lasso, Yuni Shara, Desta, Cak Lontong, Nirina Zubir, Widi Mulia, Indi Barends, Prisia Nasution, Lukman Sardi, dan Chelsea Islan.

Sementara itu dari jajaran kementerian dan BUMN terlihat Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Komisaris Telkomsel Wishnutama Kusubandio, dan Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mendampingi Presiden Jokowi.

Sepanjang perjalanan, para selebriti Tanah Air tampak menikmati perjalanan mereka bersama Kepala Negara. Tak hanya berbincang mereka bahkan berswafoto bersama dengan Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memang telah menugaskan Kementerian BUMN untuk mengevaluasi dan mencari solusi bersama kementerian terkait guna mempercepat Pembangunan proyek transportasi, terutama LRT.

Sejumlah hal yang membutuhkan perbaikan telah dilakukan. Hal itu demi menjamin transparansi sekaligus kualitas yang terstandarisasi agar bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat.

Tidak hanya sekadar moda transportasi, LRT juga diharapkan dapat berperan besar untuk perekonomian dan kesejahteraan.

Karena itulah uji coba menjadi penting untuk memastikan LRT dapat berjalan dengan mulus.

PT KAI telah melakukan sejumlah penyesuaian agar pergerakan LRT masuk batas standar keamanan, termasuk untuk jadwal keberangkatan kereta. Di jalur kawasan “segitiga emas” yaitu Kuningan-Gatot Subroto-Dukuh Atas, perjalanan LRT agak melambat untuk menjaga kenyamanan para penumpang.

LRT diharapkan dapat menjadi alternatif efektif bagi warga komuter untuk menempuh perjalanan ke dan kembali dari Jakarta dengan waktu lebih cepat dibandingkan dengan kendaraan pribadi, karena terbebas dari kemacetan.

Uji coba kedua LRT berjalan aman, lancar, dan sesuai keamanan transportasi. LRT dinyatakan siap beroperasi pada 26 Agustus 2023. PT KAI telah melakukan berbagai peningkatan kesiapan sarana juga prasarana LRT, termasuk integrasi sistem perangkat lunak sesuai yang ditentukan Kementerian BUMN. Hal itu menjadi urgen mengingat LRT beroperasi otomatis tanpa ada masinis.




Kedutaan Tunisia Hadir di Halal Fair-HIITS 2023: Perkenalkan Olive Oil sebagai Produk Ekspor Unggulan ke Indonesia

Sebelumnya

BSI Perkuat Kemitraan Strategis dengan Uni Emirat Arab, Kantor Cabang Dubai Siap Jalankan Bisnis Internasional secara Optimal

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News