Para peserta Java Camp 2023/Dok. Kemenparekraf
Para peserta Java Camp 2023/Dok. Kemenparekraf
KOMENTAR

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) menginisiasi Java Camp yang digelar 4-6 Agustus 2023 sebagai ajang memperkuat komunitas pariwisata dan ekonomi kreatif di berbagai daerah, termasuk meningkatkan sinergi antara pemerintah dan unsur pentahelix pariwisata.

Dari penelusuran Farah.id, diketahui bahwa unsur pentahelix yang dimaksud adalah subjek atau para stakeholder pariwisata yaitu akademisi (academician), bisnis (business), komunitas (community), pemerintah (government), dan publikasi media (media).

Menurut Menparekraf Sandiaga Uno, acara tersebut merupakan momentum berkarya bagi para peserta untuk berbagi ide kreatif, beradaptasi dengan zaman yang terus berkembang, sekaligus menciptakan peluang baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kami mendorong kolaborasi berbagai komunitas di Tanah Air bersama masyarakat setempat, pelaku UMKM, serta pemerintah daerah. Sinergi menjadi kunci dalam memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif dalam membuka peluang usaha, dan membuka seluas-luasnya lapangan kerja,” ungkap Menparekraf saat menyapa para peserta Java Camp 2023 yang sedang mengikuti sesi Workshop Kreatif dan Ngobrol Parekraf, Sabtu (5/8/2023).

Java Camp 2023 mempertemukan 35 komunitas di Pulau Jawa untuk bertukar informasi antarkomunitas yang berada di Pulau jawa, bersilaturahmi, juga mengeksplorasi beberapa desa wisata yang memamerkan beragam produk UMKM. Kemudian perwakilan komunitas diberikan workshop dan diajak membuat konten bersama terkait keindahan alam desa dan produk UMKM.

Java Camp 2023 dilaksanakan dengan beberapa agenda seperti community talk, famtrip, dan explore desa wisata, workshop kreatif dan ngobrol parekraf, serta outbound dan capacity building bagi para peserta.

“Java Camp 2023 merupakan langkah awal menuju kesuksesan pariwisata dan ekonomi kreatif dengan kolaborasi, inovasi, serta adaptasi," pungkas Menteri Sandiaga.




IISD Desak Presiden Jokowi Sahkan RPP Kesehatan: Optimalisasi Kesehatan Anak Menuju Visi Indonesia Emas 2045

Sebelumnya

Israel Akan Datang ke Qatar untuk Melanjutkan Perundingan Gencatan Senjata dan Pertukaran Sandera

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News