ilustrasi pengibaran sang saka merah putih di HUT RI/NET
ilustrasi pengibaran sang saka merah putih di HUT RI/NET
KOMENTAR

PERAYAAN sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023 di Istana Presiden berbeda dari tahun sebelumnya. Pasalnya, jumlah tamu yang akan diundang lebih banyak dan penuh yakni 8 ribu undangan. 

"Tahun ini ada perbedaan, yaitu kami full undangan secara fisik jumlahnya pada pagi hari hingga sore hari kurang lebih 8.000 tamu undangan," kata Kepala Sekretariat Presiden sekaligus Ketua 1 Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78, Heru Budi Hartono.

Dia mengajak masyarakat yang tidak berkesempatan hadir untuk mengikuti kegiatan HUT RI ke-78 di Istana Merdeka, dirinya mengimbau untuk bisa datang ke Monumen Nasional (Monas). 

"Di mana nantinya akan ada serangkaian acara yang akan menghibur masyarakat," ujarnya. 

Perbedaan lainya, dirinya menyebutkan, bahwa kirab bendera pusaka yang dimulai dari Patung Kuda ke Istana Negara akan lebih dipanjangkan. Sehingga jamnya akan lebih pagi, dibanding pada tahun-tahun sebelumnya.

"Nah itu kami sesuaikan, tentunya lebih pagi lagi 1 jam, tepatnya 40 menit kami majukan kirab itu karena jaraknya bertambah," ungkapnya.

Dia menjelaskan, adapaun rangkaian kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan tahun ini tidak ada perbedaan dari tahun sebelumnya. Rangkaian kegiatan, lanjutnya, seperti biasa, yaitu detik-detik proklamasi. 

"Di sini prosesnya sama seperti tahun-tahun lalu, tapi di dalam prosesnya ada hiburan-hiburan itu juga tidak bisa kami sampaikan di sini. Jadi kejutan lah kira-kira, siapa-siapa yang akan ditampilkan di dalam istana," tambahnya.

Selain itu, akan ada pertunjukan parade pesawat. Di mana pada tahun lalu hanya TNI Angkatan Udara (AU) saja, namun di tahun ini semua Matra ikut di dalam kemeriahan tersebut.




Kelompok Pro-Israel Serang Demonstran Pro-Palestina, Bentrokan Terjadi di Kampus UCLA

Sebelumnya

Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News