KOMENTAR

LOMBOK International Fashion Festival (LIMOFF) yang digelar Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Dekranasda NTB bersinergi dengan Indonesian Fashion Chamber (IFC) sukses dilaksanakan pada 6-9 Juli 2023 di Merumatta Senggigi Hotel, Lombok. LIMOFF ditutup secara resmi oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

Gubernur NTB mengapresiasi suksesnya penyelenggaraan LIMOFF pertama.

“Semoga kita dapat melanjutkan acara ini tahun depan dengan peserta dan kegiatan yang lebih semarak. Tidak hanya menampilkan desainer dari ASEAN tapi juga dari seluruh dunia,” ungkap Gubernur Zulkiflimansyah saat penutupan LIMOFF.

LIMOFF merupakan perhelatan fesyen berskala internasional pertama yang digelar di NTB. Acara ini mengintegrasikan beragam aktivitas mulai dari peragaan busana, lokakarya, kompetisi, talkshow, juga pameran berstandar internasional.

Dalam acara penutupan, dihadirkan parade karya dari SOFIE x Rose.Ma.Lina, TUTYADIB x KainHalal, Anggia Handmade, NY by Novita Yunus, Melly Wong, Fomalhaut Zamel, Viva Cosmetics presents Syukriah Rusydi dan Eko Tjandra, serta desainer tamu Fadzil Hadin dari Brunei Darussalam. Fashion show dimeriahkan juga dengan penampilan penyanyi Fikoh.

Pada hari terakhir LIMOFF juga digelar peragaan busana yang mengangkat wastra NTB dan wastra daerah lain yaitu Fatih Indonesia x Batik Trusmi, ASAL, LGM by Lies Githa Mentari, Aisyah Odis | Pinalo, 9am by Ratna Lie, ZEN by Lombok Limited Edition, NYAWA, Watiah’s Fashion by Tia Hidayat, Uzy Fauziah x KainHalal, Essy Masita x KainHalal, Suryani, Ilham Bahari by Muhammad Bilal, Mihalul Abrar, Nalani x Cindy Levina Accessories by Indah Mutiara Lombok, Ija Kroeng x LabS Aceh Rakitan, Kate Bridal & Couture, Sakinah by Thiffa Qaisty, serta Dekranasda Koat Bima x MQntau MuttaQin x D’Nila Krisnawati.

Untuk menjaring talenta baru sekaligus mengembangkan industri kecil menengah di NTB, LIMOFF mendukung penuh Dekranasda NTB dalam mengadakan lomba fashion design menggunakan wastra NTB. LIMOFF memberi kesempatan bagi para siswa tata busana untuk menampilkan karya mereka dalam Bintang Lestari x SMK Negeri 1 Sumbawa Besar juga pemenang lomba Lombok Sumbawa Tenun Festival.

Dekranasda NTB telah menjalankan program inkubasi fesyen bagi desainer tenun yang dibekali kemampuan mendesain busana, manajemen pengelolaan, hingga promosi dan pemasaran produk.

Program tersebut merupakan upaya untuk melestarikan budaya tenun NTB sekaligus mendorong pertumbuhan industri fesyen berbahan kain tenun khas NTB agar mendapat nilai tambah ekonomis. Para peserta Dekranasda NTB x Inkubasi Fashion juga tampil memamerkan karya mereka di LIMOFF.

LIMOFF juga menghadirkan beragam talkshow, di antaranya “Mix & Match Saroong is My New Style” bersama Dina Midiani dan Dewi Roesdji juga “Inspiring” bersama Hannie Hananto dan Fomalhaut Zamel.

LIMOFF 2023 didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTB, Bank NTB Syariah, BPR NTB, Viva Cosmetics sebagai Official Makeup & Hairdo, juga Merumatta Hotel Senggigi sebagai Official Venue. Serta didukung pula oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi NTB, PBSDM, dan Politeknik Pariwisata Lombok.

LIMOFF diharapkan mampu menghasilkan desainer-desainer baru di Nusa Tenggara Barat dengan ciri khas masing-masing hingga kian mewarnai industri fesyen muslim di NTB juga di seluruh Nusantara.

LIMOFF juga dicanangkan sebagai event tahunan bekerja sama dengan Bank Indonesia sebagai rangkaian Road to IN2MOTIONFEST.




5 Padu Padan Jumpsuit Denim dan Katun yang Bikin Penampilanmu Super Stylish

Sebelumnya

Kenali Manfaat Retinol bagi Kecantikan Kulit

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga